Pemanfaatan Akses Media Sosial Ditengah Pandemi.

Youtube Rewind Berhasil Trending-1 Ditengah Pandemi Covid-19

Youtube Rewind Berhasil Trending-1 Ditengah Pandemi Covid-19 Ismet spn Youtube Rewind. Foto: Int.
AWAL tahun 2020 kasus covid-19 semakin menjadi-jadi. Hampir seluruh Negara terkena dampak wabah tersebut. Angka kematian karena kasus tersebut terus meningkat. 
 
Negara mulai membatasi bahkan tidak membolehkan warga Negara Asing masuk ke wilayah Negara tersebut. Untuk menjaga keamanan warga negara, pemerintah membuat kebijakan pembatasan sosial berskala besar.
 
Masyarakat tidak diperbolehkan untuk berkerumun dan dihimbau untuk tetap di rumah masing-masing. Tempat-tempat yang biasa memicu orang berkerumun mulai ditutup.
 
Seluruh kalangan masyarakat merasakan dampak atas kebijakan tersebut.  Kegiatan pendidikan diliburkan, perusahaan diberhentikan sementara akibatnya banyak karyawan yang di PHK. Kejenuhan dan kebosanan merupakan hal baru untuk di lawan. 
 
Kebanyakan orang mencari hiburan lewat gadgetnya masing - masing. Aplikasi -aplikasi hiburan seperti YouTube, Tiktok, Snapchat, Instagram, Snack video Merupakan aplikasi yang paling banyak dicari dan paling banyak digunakan pada saat pandemi covid-19.
 
Banyak orang beralih untuk membuat Channel Youtube.  Selain bisa menghibur, Youtube juga memberikan apresiasi berupa adsense bagi pengguna yang aktif membuat konten. 
 
Adsense merupakan program kerjasama periklanan yang dikelola oleh Google. Pengguna akan mendapatkan imbalan dari adsense tersebut. Para youtuber berlomba-lomba untuk membuat konten semenarik mungkin agar video mereka banyak ditonton  guna untuk menaikkan popularitas chanel mereka. 
  
Semakin banyak yang menonton maka popularitas mereka akan semakin tinggi. 
 
Di Indonesia, Youtube Sangat terkenal dengan jumlah pengguna sudah mencapai 143,26 juta pengguna atau sekitar 54,7 % dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 265 juta jiwa berdasarkan dara statistic APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) tahun 2018 (https://apjii.or.id). 
 
Dilansir juga dari hasil riset yang dilakukan oleh Detik.com bahwa pada tahun 2020 jumlah pengguna Internet mencapai 175,2 juta. Ada kenaikan 17% atau 25 juta pengguna internet di Indonesia dibanding dengan tahun – tahun sebelumnya. 
 
Tidak hanya itu, Pertumbuhan penonton Youtube itu juga tak lepas dari kontribusi para kreator di Indonesia, dimana sejumlah kreator berhasil meraih jutaan subscriber. Bahkan kini tercatat 600 Channel di Indonesia yang memiliki satu juta subscriber. 
 
Jika dibandingkan dengan tahun lalu ( Tek.id ). Youtube dianggap sebagai pekerjaan baru bagi orang orang yang kreatif dan memanfaatkan waktu. Membuat vlog atau konten yang menarik untuk mendapatkan viewer  dari pengguna youtube yang lainnya.
 
Di dalam aplikasi Youtube ada yang disebut dengan istilah trending. 
 
Trending dimaksudkan untuk menampilkan video yang jumlah penontonnya melonjak naik dan  dianggap menarik oleh banyak penonton.
 
Semakin banyak penonton yang merekomendasikan video tersebut, maka video tersebut akan dimasukkan otomatis ke dalam trending. Dimulai pada tahun 2015, para Youtuber Indonesia sebagai konten kreator membuat satu buah video yang berisikan video – video yang masuk kedalam trending pada tahun 2015 tersebut.
 
Video tersebut mendapat sambutan baik oleh masyarakat. Video tersebut membuat masyarakat mengenang konten konten yang menarik yang pernah mereka tonton. Kesan pada video tersebut berbeda – beda ada yang merassakan sedih, senang, terharu dan bahagia.
 
Seperti komentar Bayu Skak “ yeah ! hidup youtuber Indonesia” komentar pada Youtube Rewind 2018. Komentar tersebut merupakan salahsatu komentar yang bisa membangun mental para kreator youtube Indonesia.
Video tersebut dinamakan dengan “Youtube Rewind”. Youtube Rewind dipublikasikan khusus pada akun “Indonesian Youtubers”. Akun tersebut Khusus mempublikasikan Video – video  rewind dari tahun ke tahun.
  
Sudah ada empat video sampai saat ini yang sudah dipubliikasikan pada akun tersebut, yang terakhir adalah Youtube Rewind 2021. Youtube Rewind 2021 merupakan video yang paling banyak di tonton daripada video – video Rewind sebelumnya.
 
Penonton video youtube rewind 2021 tembus hingga 27 juta penonton. Karena Video tersebut dibuat dengan kondisi yang jauh berbeda pada pembuatan Youtube Rewind sebelumnya, pengambilan video sepenuhnya berada didalam ruangan guna memenuhi protokol kesehatan.
  
Video tersebut berhasil memuncaki trending ke-1 pada trending Youtube Indonesia.
  
 
 
Penulis:
Zaki Azkia (Mahasiswa Ekonomi Syariah Bina Muda Bandung).
Ferdi Iim Sujana (Mahasiswa Ekonomi Syariah Bina Muda Bandung).
Abdul Sani Idris (Mahasiswa Perbankan Syariah Bina Muda Bandung).

Editor: Dimas Madia

Bagikan melalui:

Komentar