Pengukuhan Guru Besar Prof.Dr. Rr. M.I. Retno Susilorini, ST., MT

Pengukuhan Guru Besar Prof.Dr. Rr. M.I. Retno Susilorini, ST., MT A.Wahidin

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Prosesi upacara pengukuhan guru besar adalah acara yang sangat penting, tidak saja bagi guru besar yang dikukuhkan, tetapi juga bagi universitas tempatnya mengabdikan ilmu dan pengetahuan.

Guru besar (Gubes) atau profesor bukanlah gelar akademik seperti sarjana, magister, ataupun doktor, melainkan jabatan fungsional atau jabatan akademik tertinggi yang bisa diraih oleh tenaga pendidik atau dosen. Terdapat empat jabatan fungsional dalam dunia profesi dosen, ada asisten ahli, lektor, lektor kepala, dan yang tertinggi adalah guru besar.

Hari ini, Senin (4/3/2024), bertempat di Gedung kampus 2 Universitas Pancasakti Tegal (UPS) Lantai 2 di Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tegal berlangsung acara Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Rr.M.I. Retno Susilorini, ST.,MT dibidang teknik sipil dan pengurangan resiko bencana.

Acara dihadiri oleh Perwakilan LLDikti Wilayah VI Jateng, Ketua YPP, Rektor UPS, Jajaran rektorat, segenap sivitas akademika, dekan UPS dan tamu undangan serta keluarga besar Guru Besar Prof. Dr. Rr. M. I. Retno Susilorini, ST.,MT.

Acara sidang senat terbuka dalam dies natalis ke-44 UPS dan pengukuhan guru besar digelar dengan khidmat dan lancar. Dalam sambutannya, Rektor UPS Dr. Taufiqulloh, MHum menyampaikan laporan tahunan Penyelenggaraan
Pendidikan di Universitas Pancasakti Tegal. Laporan ini disampaikan dengan tujuan
memberikan gambaran tentang kondisi Lembaga secara umum berikut capaian-capaianya.

Universitas Pancasakti Tegal merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah seringkali menghadapi berbagai macam tantangan baik internal maupun eksternal yang semakin kompleks. Hal tersebut harus dihadapi dengan kemampuan intelektual dan profesional seluruh sivitas akademika, selain itu juga harus disikapi oleh kekuatan spiritual dan emosional yang diikuti kematangan sosial dalam memimpin.
" Alhamdulillah acara Dies Natalis Universitas Pancasakti Tegal ke 44 tahun 2024 dan Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Rr. M.I Retno Susilorini, S.T, M.T dapat terselenggara," katanya.

Sementara itu, Ketua YPP Dr. H. Imawan Sugiharto, MH menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi torehan prestasi jabatan akademik tertinggi. Keberadaan guru besar di bidang teknil sipil ini akan semakin melengkapi guru besar yang ada.

Ketua LLDikti Wilayah VI Jateng Bhimo Widyo Andoko, SH.,MH menyampaikan, dalam catatan, Pihaknya mencatat perjalanan panjang. Dimana awalnya bernama Universitas Pancasila Tegal. Pihaknya juga mengucapkan selamat kepada UPS yang telah konsisten melaksanakan Tri Dharma Perguruan tinggi dengan baik. Kepada Prof Retno Susilorini, dirinya mengucapkan selamat atas capaian guru besar semoga ilmunya bermanfaat bagi diri, keluarga dan bangsa.

Acara juga dimeriahkan, pembagian hadiah dimasing masing kategori. Kategori video terbaik penerimaan PMB yakni Prodi pendidikan Matematika disusul prodi perikanan FPIK. Kemudian kategori kebersihan bidang lingkungan dijuarai oleh Pascasarjana UPS disusul kemudian FKIP dan FEB UPS. Terakhir yakni kategori peraih prestasi kejuaraan akademik non akademik dijuarai oleh FKIP UPS kemudian disusul oleh FEB dan FH UPS.(hid/adv).

Editor: A.Wahidin

Bagikan melalui:

Komentar