Pemkab Garut Imbau Masyarakat Untuk Men-support Keluarga Pasien dan Nakes Covid-19

Pemkab Garut Imbau Masyarakat Untuk Men-support Keluarga Pasien dan Nakes Covid-19 Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM,GARUT - Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman, mengimbau masyarakat Garut untuk tidak mengucilkan keluarga pasien yang meninggal akibat Covid-19, namun sebaliknya masyarakat harus mendukung keluarga yang ditinggalkan walaupun secara online dan menjaga jarak.

"Saya memohon kepada seluruh warga masyarakat ketika menjumpai ada yang meninggal tolong berikan support walaupun melalui online, walaupun melalui telepon, walaupun melalui media-media yang lain kita do'akan dan tidak untuk dikucilkan tisak untuk di tinggalkan tetap mereka di beri support walaupun dengan menjaga jarak," ujar Wabup Garut di Namina Private Resto, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Minggu (13/6/2021).

Wabup Helmi menyampaikan, bahwa hari ini (Minggu, 13 Juni 2021), terjadi peningkatan kasus yang cukup signifikan yakni penambahan 263 orang positif Covid-19 dengan 12 orang dinyatakan meninggal dunia akibat Virus Corona ini.

"Hari ini ada 263 positif dan 12 orang yang meninggal, karena itu saya berbela sungkawa dengan adanya tingkat kematian 12 orang dalam satu hari ini mudah-mudahan almarhum-almarhumah diterima iman islamnya, untuk keluarganya di samping kehilangan orang yang dicintai agar lebih bersabar lagi dan harus bersabar agar penyakit ini tidak menular terhadap keluarga," ucapnya.

Ia berharap angka kematian dan angka positif Covid-19 bisa segera menurun, serta berpesan kepada masyarakat untuk senantiasa tetap menjaga kesehatan di masa pandemi ini.

"Saya berharap kejadian ini, angka kematian ataupun angka kesakitan yang ada sekarang segera turun dan berharap Covid-19 ini segera berlalu kita kembali seperti biasa dan menjadi masyarakat yang sehat yang produktif yang tetap menjaga kesehatan," harap dr. Helmi.

Sementara itu di lain tempat, Bupati Garut, Rudy Gunawan, memberikan semangat kepada para tenaga kesehatan (nakes) yang saat ini sedang berjuang di garda terdepan dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Garut.

"Kepada para tenaga kesehatan yang berada di puskesmas-puskesmas dan di rumah sakit, saya selaku Bupati Garut dan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Garut ingin menyampaikan semangat kepada saudara-saudara semua. Mari kita bekerja lebih professional mengabdikan diri dari sisi profesi menolong dengan maksimal mereka yang terkonfirmasi Virus Corona," ujar Rudy seuasai melakukan peninjauan Vaksinasi Lansia, di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (12/6/2021).

Ia menilai bahwa menjadi seorang nakes saat ini merupakan bukan pekerjaan yang mudah, karena selain harus melindungi diri, para nakes juga harus melindungi keluarganya yang ada di rumah.

"Tentu ini bukan pekerjaan yang mudah karena kita juga harus melindungi diri kita dan juga keluarga kita di rumah para nakes," ungkapnya.

Rudy berharap ada pemilahan yang cepat antara pasien yang harus segera dirujuk rumah sakit, mana pasien yang bisa isolasi mandiri, dan mana pasien yang harus ditempatkan di Rumah Sakit Darurat.

"Saya berharap kita ada pemilahan yang cepat mana yang harus segera dirujuk ke rumah sakit rujukan, mana yang bisa isolasi mandiri, mana yang bisa di rumah sakit darurat. Tentu langkah ini harus cepat dan tepat supaya kita bisa sedini mungkin memberikan perawatan," harap Bupati Garut.

Ia menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dedikasi yang luar biasa dari para Nakes dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Garut.

"Oleh sebab itu, saya melihat dedikasi yang luar biasa dari para nakes kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kinerja yang sudah baik yang dilakukan oleh saudara-saudara di lapangan juga kepada keluarga nakes sabar dan ikhlaskan dulu suami atau istri atau ibu dari kita semua bekerja untuk menyelamatkan nyawa orang lain," katanya.

Oleh karenanya, Bupati Garut mengajak untuk bersama-sama bersinergi menyelesaikan masalah Covid-19 di Kabupaten Garut.

"Ayo kita bersama-sama bersinergi menyelesaikan masalah Covid-19 di Kabupaten Garut, semoga Allah SWT selalu memberikan perlindungan dan keselamatan bagi kita semua," pungkasnya.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar