Tindaklanjuti Instruksi Mendagri, Gubernur Aceh Kembali Perpanjang PPKM

Tindaklanjuti Instruksi Mendagri, Gubernur Aceh Kembali Perpanjang PPKM Dok

SINARPAGINEWS.COM, ACEH – Dalam menyemarakkan perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021, Dayah Perbatasan Manarul Islam Aceh Tamiang, tahun ini menyembelih 8 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Hal ini diutarakan oleh Rais ‘Am Dayah Perbatasan Manarul Islam Tgk Mustafa Abdussalam Syah pada Senin 19 Juli 2021, melalui saluran telepon kepada redaksi humas Dinas Pendidikan Dayah Aceh.

Tgk Mustafa melaporkan besok Insya Allah, jika Allah meridhai pihaknya akan menyembelih 8 ekor sapi dan 4 ekor kambing di Komplek Dayah di Desa Seumadam Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang. Tradisi Qurban di Dayah Perbatasan Manarul Islam Aceh Tamiang ini sudah berjalan selama 3 tahun belakangan ini. “Semoga tahun depan bisa lebih banyak lagi,” harapnya.

Pada sisi lain, Tgk Mustafa menambahkan, Insya Allah dengan berqurban harta dan uang, maka sesungguhnya harta pemilik kurban tidak akan berkurang. “Dan Insya Allah juga semua yang dilakukan menjadi berkah, ujar Da’i perbatasan ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Zahrol Fajri S.Ag MH mengapresiasi langkah-langkah syiar Islam di Perbatasan Aceh yang dilakukan oleh para Rais ‘Am Dayah Perbatasan. “Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami. Mewakili Pemerintah Aceh, kami mengucapkan rasa terimakasih yang mendalam atas semarak berqurban di perbatasan. Karena Qurban sendiri mengajari kita banyak hal, terutama keikhlasan dan Ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Apalagi di musim pandemi Covid 19 saat ini, yang memang menguji iman kita,” kata Zahrol.

Kadis Dayah Aceh itu menambahkan, Islam memang menghendaki ibadah-ibadah yang berdimensi spiritual sehingga bisa melahirkan rasa sosial dan kemanusiaan. “Bagaimana dimasa sulit saat ini, ada saudara kita yang tidak mampu membeli daging, tapi dengan adanya daging Qurban dari kita, mereka bisa merasakannya. Itulah realitas kehidupan yang sebenarnya, kita bisa bersolidaritas terhadap sesama, harapnya.”

Terakhir Zahrol berharap agar momentum Ibadah Qurban ini menjadikan kita semakin dekat kepada Allah SWT dan dekat terhadap sesama dalam berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu, “dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, saatnya kita memperbesar rasa empati. Biasakanlah berbagi,” pesan Zahrol.

Tim redaksi humas Dinas Pendidikan Dayah Aceh juga menerima laporan dari Rais ‘Am Dayah Perbatasan Darul Amin Aceh Tenggara Abuya Muchlisin Desky yang akan menyembelih 2 Ekor Sapi dan 2 ekor Kambing Qurban, serta laporan dari Rais ‘Am Dayah Perbatasan Safinatussalamah Aceh Singkil Dr Tgk Abi Hasan MA yang akan menyembelih 3 ekor Sapi dan 1 ekor Kerbau untuk Qurban.(spn/aceh)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar