Pastikan Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Kurban Berjalan Lancar

DKP3 Kota Sukabumi Lakukan Pemantauan di 116 Lokasi

DKP3 Kota Sukabumi Lakukan Pemantauan di 116 Lokasi Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, SUKABUMI KOTA - Sejak Hari Raya Idul Adha hingga tanggal 21 Juli 2021, Dinas ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi telah melakukan pemantauan di 116 lokasi pemotongan hewan kurban. Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner DKP3, drh. Riki Barata, menyatakan pemantauan dilakukan dengan melibatkan 21 orang petugas DKP3, 33 orang relawan Sibat PMI, dan 4 orang perwakilan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Jawa Barat wilayah IV.

Dari hasil pemantauan, pihak DKP3 menemukan beberapa organ hewan kurban yang tidak layak konsumsi karena infeksi yang terdiri dari 6 hati sapi, 1 hati domba, dan 1 paru – paru sapi. Semua organ tidak layak konsumsi tersebut telah dimusnahkan. Meski demikian, seperti dijelaskan oleh Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner DKP3, organ terinfeksi tersebut tidak mempengaruhi kualitas daging hewan kurban, sehingga sisanya tetap aman untuk dikonsumsi.

Dalam pemantauan tersebut, dilakukan pula pemantauan terhadap penerapan protokol kesehatan karena pelaksanaan pemotongan hewan kurban masih berada dalam situasi pandemi covid – 19. Dari pemantauan, 7 lokasi pemotongan hewan kurban tidak menerapkan protokol kesehatan ketat, sehingga panitia pemotongan hewan kurban diberikan teguran oleh DKP3. Disisi lain, prosedur distribusi hewan kurban telah sesuai anjuran yakni hewan kurban didistribusikan langsung ke rumah mustahik.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3, Dian Suciati, melalui unggahan media sosial DKP3, menyatakan protokol kesehatan secara umum telah dilaksanakan oleh para panitia pemotongan hewan kurban. Meski masih berada dalam PPKM Darurat, namun ditegaskannya, pemantauan tetap dilakukan diantaranya untuk memastikan hewan kurban layak konsumsi.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar