Diperlukan Terobosan-terobosan Guna Menghentikan Laju Pengangguran di Kabupaten Garut

Diperlukan Terobosan-terobosan Guna Menghentikan Laju Pengangguran di Kabupaten Garut

SINARPAGINEWS.COM, GARUT – Bupati Garut, Rudy Gunawan membuka Webinar Nasional Membangun Sekolah Bermutu di Era 4.0 yang digagas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Wikrama 1 Garut bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran (Unpad). Bupati hadir secara virtual di Gedung Command Center, Komplek Pendopo Garut, Kamis (29/7/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Garut berterimakasih dengan diadakannya webinar nasional ini, karena hal ini penting mengingat di Kabupaten Garut sendiri masalah pengangguran semakin meningkat dari hari ke hari.

“Hampir 10% angkatan kerja kita menganggur, ini adalah angka yang sangat mengkhawatirkan. Tentu diperlukan terobosan-terobosan dari berbagai bidang untuk bisa menghentikan laju adanya pengangguran di Kabupaten Garut,” kata Rudy.

Rudy mengaku tertarik dengan tema dari webinar nasional ini dikarenakan berhubungan dengan teknologi 4.0, di mana pada saat ini kecanggihan teknologi semakin meningkat, seraya mencontohkan dengan tayangan Olimpiade Tokyo 2020 yang meraup keuntungan yang begitu besar.

“Misalnya, saya kaget sekali, ketika saya ada berita bahwa untuk menonton olimpiade di Tokyo hanya bayar 29 ribu itu menghasilkan miliaran US dollar. Jadi yang mempunyai akses dan hak siar itu dia mempunyai omset sekarang itu miliaran US dollar dari kita menonton olimpiade Tokyo 2020 yang dilaksanakan tahun 2021,” lanjutnya.

Di sisi lain, Bupati Garut menyebutkan SMKN Wikrama 1 Garut merupakan sekolah yang dikelola secara professional dan mengedepankan teknologi.

“Wikrama ini mempunyai kekhususan karena mengedepankan 4.0, mengedepankan teknologi yang teraplikasi didalam kebutuhan-kebutuhan para investor. Wikrama ini adalah satu sekolah yang didirikan swasta ini dikelola dengan professional, dikelola dengan sangat baik dengan guru-guru yang sangat professional sehingga akan menghasilkan anak didik yang baik,” ujarnya. Ia menilai, SMKN Wikrama 1 Garut memiliki hubungan yang pentahelix dengan berbagai macam instansi baik itu pemerintah maupun dunia usaha.

Rudy berharap, SMKN Wikrama 2 Garut bisa menuju pendidikan yang berbasis teknologi 4.0 dan dapat diaplikasikan dalam pendidikan sehari-hari.

“Wikrama ini terhubung akses langsung dalam rangka sekarang ini pentahelix, dengan pemerintahnya bagus, dengan dunia usahanya bagus, dengan kalangan persnya bagus. Jadi di pentahelix ini juga memberikan sesuatu yang berhubungan dengan kolaborasi itu bisa terjamin dengan struktural,” pungkasnya.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar