Kelurahan Jaya Raksa Ikuti Penilaian Kelurahan Tangguh Bencana

Kelurahan Jaya Raksa Ikuti Penilaian Kelurahan Tangguh Bencana Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, SUKABUMI KOTA - Kick off desk tahapan penilaian Kelurahan Tangguh Bencana (KTB) digelar pada tanggal 27 – 28 Juli 2021 di Kelurahan Jaya Raksa. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menjelaskan penilaian mengacu pada Perka BNPB 1/2012 tentang Pedoman umum Desa / Kelurahan Tangguh Bencana yang terdiri 6 indikator dan 60 variabel tersedia dengan target sasaran 13 kelurahan.

Kepala Seksi Pencegahn dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kota Sukabumi, Dzulkarnaen Barhamy, menjelaskan bahwa dalam penilaian pembuktian terhadap indikator dan variabel harus didukung dengan bukti, laporan dan visum yang dimilki kelurahan seperti peta risiko bencana, jalur evakuasi titik kumpul hingga dokumen rencana penanggulangan bencana, dan rencana kontigensi tim relawan serta alokasi dana bencana. Pada penilaian tersebut dilakukan pula verifikasi lapangan.

Dijelaskannya kelurahan yang mampu memperlihatkan bukti visum lapangan , akan ditetapkan sebagai KTB. Tujuan dari KTB adalah melindungi masyarakat dari bencana, pemberdayaan masyarakat dalam pengurangan risiko bencana di level kelurahan sehingga potensi ancaman, dan dampak terminimalisir di lingkungan masyarakat paling bawah.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar