LKS Tripartit, Merajut Hubungan Damai Pemerintah, Pekerja dan Pengusaha

LKS Tripartit, Merajut Hubungan Damai Pemerintah, Pekerja dan Pengusaha Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, TEGAL - Gempuran pandemi Covid-19 membuat sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sampai usaha skala besar seperti perusahaan mengalami kontraksi. Akibatnya, berdampak pada pengambilan keputusan pihak perusahaan yang berpengaruh pada pekerja. Untuk itu, kepada serikat pekerja maupun para pekerja agar bisa lebih menahan diri dan bisa melihat kondisi saat ini yang semua sedang serba sulit.

Anjuran tersebut disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat Rapat Koordinasi (Rakor) Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Kabupaten Brebes di Grand Dian Hotel Brebes, Kamis (2/9).

Pesan Idza, jangan sampai perusahaan merasa tertekan sehingga melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bagi para pekerja, yang akan berdampak pada peningkatan jumlah pengangguran di Kabupaten Brebes.

Idza bersyukur, karena sampai saat ini semua perusahaan yang ada di Kabupaten Brebes bisa survive atau bertahan di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, kepada para pekerja ataupun serikat pekerja agar bisa saling memahami kondisi yang ada saat ini.
Idza juga mengingatkan kepada pihak Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Brebes atau perusahaan jangan sampai mempermainkan para pekerja, apalagi melalaikan hak dan kewajiban terhadap para pekerjanya.

Dikatakan Idza, Hubungan Industrial (HI) bagi stakeholder yang berkepentingan terhadap perusahaan perlu diciptakan. Semua berperan untuk menciptakan HI yang kondusif, terutama bagi komponen utama HI yakni perusahaan, pekerja dan pemerintah. HI harus diciptakan sedemikian rupa agar aman, harmonis, serasi dan sejalan. Perusahaan dapat terus meningkatkan produktivitasnya untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja, industri untung pekerja sejahtera.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Brebes Drs Warsito Eko Putro MSi menjelaskan, tujuan dari Tripartit yakni untuk memberikan saran, solusi terhadap permasalahan ketenagakerjaan. Kehadiran LKS Tripartit menjadi wadah untuk menampung permasalahan yang terjadi antara pekerja dengan perusahan di Kabupaten Brebes.

“Sesuai tugasnya, Tripartit memberikan pertimbangan, saran, dan pendapat kepada Pemerintah Daerah dan pihak terkait dalam penyusunan kebijakan dan pemecahan masalah ketenagakerjaan di Kabupaten Brebes,” pungkas Eko.

Turut hadir dalam Rakor tersebut, Bupati Brebes selaku Ketua LKS Tripartit Kabupaten Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, Asisten Sekda Bidang Administrasi Yuta Sugihyarti SH, Asisten Sekda Bidang Ekonomi Pembangunan Dra Tety Yuliana MPd, Kepala Dinperinaker Warsito Eko Putro S Sos MSi, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Brebes Edi Suryono, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Brebes, para Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Lembaga Pendidikan dan Balai Pelatihan Kerja Swasta, serta tamu undangan lainnya.(hid/sup)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar