Puan Maharani Soroti Pentingnya Perkuat Solidaritas Perempuan untuk Kemajuan Bangsa

Puan Maharani Soroti Pentingnya Perkuat Solidaritas Perempuan untuk Kemajuan Bangsa Dok Kredit visual: solidaritasperempuan.org

SINARPAGINEWS.COM, PEREMPUAN - Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani menyoroti pentingnya solidaritas perempuan untuk kemajuan bangsa. Puan mengemukakan opininya ini melihat peran besar perempuan dalam penanganan pandemi Covid-19, sebagai ibu, kakak, adik, saudara, teman, keluarga, dan pekerja yang berkontribusi di berbagai bidang.

"Peran perempuan ada di segala lini kehidupan kita. Dari tangannya ada kelembutan kekuatan yang memberikan sumbangsih besar pada kemajuan bangsa dari masa ke masa. Dengan solidaritas sesama perempuan, maka jalan menuju kemajuan bangsa bisa semakin terbuka lebar," ujar Puan dalam keterangan tertulisnya.

Puan menyuntikan semangat solidaritas ini karena ingin menyebarkan persatuan di antara perempuan. Jika satu perempuan saja sudah bisa memberikan peran besar, bagaimana jika sesama perempuan dapat bekerja sama dan satu suara untuk memajukan Tanah Air.

Puan memberikan contoh-contoh hebat perempuan yang turut berkontribusi selama pandemi, mulai dari perempuan yang menjadi tenaga kesehatan atau vaksinator. Bahkan, tercatat salah satu tim peneliti vaksin AstraZeneca adalah perempuan asal Indonesia.

"Solidaritas sesama perempuan mengantarkan kita pada persatuan dan kerja sama. Bayangkan bila ibu-ibu berkumpul dalam sebuah kegiatan produktif, yang terpengaruh bukan hanya mereka, tetapi juga keluarga. Anak-anak akan merasa terinspirasi bisa memiliki seorang ibu yang giat," kata mantan Menko PMK itu.

Solidaritas perempuan juga bisa membangkitkan semangat di antara perempuan. “Ada stigma di dalam masyarakat bahwa sesama perempuan jika ditempatkan dalam situasi yang sama akan bersaing. Hal ini salah besar. Solidaritas sesama perempuan dapat menghempaskan stigma ini. Persatuan sesama perempuan akan membuat kita bisa saling menginspirasi dan membimbing satu sama lain untuk maju,” ujar Puan.

Di Indonesia sendiri, lanjut Puan, banyak gerakan-gerakan perempuan yang sudah saling menumbuhkan rasa solidaritas di antara satu sama lain. Puan berharap muncul lebih banyak pergerakan yang mengedepankan solidaritas perempuan di berbagai hal, mulai dari ekonomi, sosial, hingga psikologi. Bidang terlahir ini sangat penting untuk diutamakan, apalagi melihat multiperan yang perempuan lakukan selama pandemi.

"Solidaritas dalam memahami sesama perempuan adalah yang paling penting. Solidaritas artinya ialah bersatu, perlihatkan bila sesama perempuan itu saling mendukung, bukan meninggalkan. Menjadi sandaran satu sama lain dalam menghadapi rintangan di depan," kata cucu Bung Karno tersebut.

Menurut Puan, solidaritas sesama perempuan juga akan menguatkan struktur sosial. Pasalnya di tangan perempuan, proses pendidikan keluarga terjadi dan transfer pengetahuan dilakukan. Jika perempuan membangun solidaritasnya untuk bersama-sama memberikan pendidikan terbaik bagi keluarga, maka akan terbentuk penguatan sosial serta ketahanan masyarakat yang tinggi.

Inisiasi akan ajakan Puan dalam meningkatkan solidaritas sesama perempuan ini terinspirasi dari perjalanannya ke Wina. Di mana Puan bertemu dengan perempuan-perempuan hebat yang saling memberikan energi positif untuk satu sama lain. Puan seakan melihat versi terbaik bila solidaritas sesama perempuan bisa terbangun.

"Kita melihat bahwa isu solidaritas kaum perempuan ini adalah hal sepele. Tetapi, bila sudah terbentuk dan terjalin kuat, solidaritas ini memiliki dampak yang amat besar. Bukan cuma untuk kelompok, masyarakat luas juga," ujar Puan.

Puan percaya bahwa semangat solidaritas perempuan ini bisa dia tebarkan untuk kemudian merasuk pada perempuan-perempuan Tanah Air. Puan teringat pada filosofi sapu lidi sang kakek, Sukarno. Jika lidi itu satu akan mudah patah, tetapi bila lidi itu seikat maka akan kuat. Seperti itulah cerminan solidaritas perempuan yang Puan bayangkan.

"Peran perempuan begitu krusial, begitu juga rasa solidaritas di antara sesamanya, bisa jadi adalah salah satu faktor besar dalam kemajuan negara. Semangat solidaritas Perempuan Ini harus kita galakan dan lestarikan. Ayo kaum perempuan, kita pasti bisa!”

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar