Iran akan Segera Ambil Langkah Baru di Bidang Nuklir

Iran akan Segera Ambil Langkah Baru di Bidang Nuklir Ismet spn

IRAN, -Pemerintah Iran akan segera mengambil langkah baru di bawah kesepakatan nuklir JCPOA untuk menutupi kerugiannya setelah Amerika Serikat dan Eropa tidak melaksanakan komitmen mereka.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif dalam sebuah pesan video berbahasa Inggris, Rabu (10/2/2021), mengatakan, "Di hadapan pemerintah baru di Washington, ada peluang untuk mencoba sebuah pendekatan baru, tetapi jendela saat ini akan segera tertutup."

"Menyikapi ketidakpatuhan yang disesalkan dari pihak AS dan Eropa terhadap kewajibannya sesuai kesepakatan nuklir, pemerintah Iran terpaksa mengambil tindakan baru untuk menutupi kerugiannya," tambahnya.

Zarif menjelaskan bahwa tindakan baru itu sebagaimana disetujui oleh Parlemen Iran sesuai dengan hak-hak absolut Republik Islam dalam JCPOA, akan mencakup perluasan program nuklir dan pengurangan kerja sama dengan inspektur Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA).

Di bagian lain, menlu Iran mencatat bahwa Tehran telah berulang kali membuktikan kesiapannya untuk berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan kolektif dengan para tetangganya.

"Tujuan tetap Iran dalam semua upaya adalah membangun kawasan yang lebih stabil, damai dan makmur, dan dalam hal ini, beberapa inisiatif telah diusulkan," kata Zarif dalam pesan yang dikeluarkan bertepatan dengan HUT Revolusi Islam Iran ke-42.

Dia berharap para tetangga Iran juga menyadari bahwa mereka tidak dapat menunggu pihak asing untuk memastikan keamanan mereka, karena takdir dari posisi geografis adalah para tetangga akan selalu berdampingan. (Spn/RM).

Editor: wry

Bagikan melalui:

Komentar