AS Minta Iran kembali Laksanakan Protokol Tambahan

AS Minta Iran kembali Laksanakan Protokol Tambahan Dok Ilustrasi

AMERIKA, - Perwakilan Tetap AS untuk Organisasi Internasional di Wina, meminta Badan Energi Atom Internasional (IAEA) untuk melanjutkan pengawasan terhadap program nuklir Iran.

Dikutip dari Farsnews, Perwakilan Tetap AS untuk Organisasi Internasional di Wina dalam sebuah pernyataan hari Kamis (4/3/2021), mengapresiasi laporan terbaru yang disampaikan oleh Direktur Jenderal IAEA mengenai program nuklir Iran.

"Laporan yang profesional dan tidak memihak IAEA sangat penting bagi kemampuan Dewan Gubernur untuk tetap mengetahui dan menilai secara akurat tentang kepatuhan Iran terhadap ketentuan Perjanjian Pengamanan," tambahnya.

Perwakilan Tetap AS dalam statemen itu, mengkritik pengurangan pengawasan IAEA terhadap program nuklir Iran berdasarkan kesepakatan nuklir JCPOA dan Protokol Tambahan.

"Langkah-langkah tersebut kontraproduktif dan Iran harus membatalkannya," tambahnya.

Berdasarkan undang-undang yang disahkan oleh Parlemen Iran, pelaksanaan sukarela Protokol Tambahan dihentikan sejak 23 Februari 2021, dan negara ini mempertahankan kerja samanya dengan IAEA hanya dalam konteks Perjanjian Pengamanan.

Badan Energi Atom Iran dan IAEA pada 21 Februari 2021 mencapai kesepakatan teknis sementara, yang memungkinkan IAEA untuk melanjutkan kegiatan verifikasi dan pengawasan penting selama tiga bulan ke depan.

Pemerintah Iran kembali memberi waktu tiga bulan kepada AS dan Eropa untuk memenuhi kewajiban mereka dan secara efektif membatalkan sanksi sehingga Iran dapat menikmati keuntungan ekonomi dari JCPOA. (RM)

Editor: wry

Bagikan melalui:

Komentar