WHO Puas atas Distribusi Vaksin Corona di Afrika

WHO Puas atas Distribusi Vaksin Corona di Afrika

Dikutif dari Fars Today, Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Afrika, Matshidiso Moeti mengkonfirmasi pengiriman 10 juta dosis vaksin Corona ke 11 negara Afrika pekan ini dan optimis atas pengiriman vaksin ke separuh negara di benua ini dalam beberapa pekan mendatang.

WHO mengumumkan, seiring dengan peningkatan vaksinasi COVID-19 di negara-negara Afrika, hingga akhir tahun 2021 mayoritas rakyat di benua ini akan divaksin.

Menurut data, angka penyebaran COVID-19 di sebagian besar negara Afrika mulai menurun, namun petinggi WHO menilai sangat mengkhawatirkan pencabutan pembatasan di sebagian negara Afrika. Menurut WHO ada potensi besar peningkatan penyebaran Corona di Afrika.

"Program COVAX dimulai dengan vaksinasi 3 persen penduduk Afrika dan hingga akhir tahun 2021 akan mencapai 20 persen," paparnya.

Ia juga mengaku puas atas upaya Uni Afrika membeli vaksin Corona. " Kelompok Kerja Vaksin Uni Afrika telah meyakinkan bahwa pada akhir 2021, vaksin yang cukup telah dibeli dan 60 persen populasi benua akan divaksinasi," tambah Moeti.

Data terbaru menyebutkan, sampai saat ini lebih dari 3,900 juta orang di Afrika terinfeksi virus Corona dan lebih dari 100 ribu orang meninggal akibat pandemi ini. (MF)

Editor: wry

Bagikan melalui:

Komentar