Rusia Memperingatkan Ukraina Jika Gabung NATO

Rusia Memperingatkan Ukraina Jika Gabung NATO Dok

RUSIA, - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia memperingatkan Ukraina agar tidak bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

"Aksesi Ukraina ke NATO akan meningkatkan ketegangan di wilayah tenggara negara itu dan memiliki konsekuensi yang tidak dapat diperbaiki bagi pemerintah Kiev," kata Maria Zakharova dalam konferensi pers di Moskow, Jumat (9/4/2021) seperti dilansir pars today.

Sebelum ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy pada Kamis kemarin, mengunjungi Donetsk di wilayah Donbas dan menyampaikan keinginan negaranya untuk bergabung dengan NATO. Menurutnya, menjadi anggota NATO akan mendorong terciptanya perdamaian di Ukraina.

Zakharova mengatakan, "Kami mencatat pernyataan Presiden Zelensky yang mengunjungi Donbass kemarin. Aksesi negara itu ke NATO tidak hanya akan gagal membawa perdamaian ke Ukraina, tetapi sebaliknya, akan menyebabkan peningkatan ketegangan dalam skala besar di tenggara."

Hubungan antara Barat dan Moskow memanas sejak 2014 karena ekspansi NATO terutama Amerika Serikat di dekat perbatasan Rusia, krisis di Ukraina, ketegangan di Laut Baltik, dan masalah Suriah.

AS dan Uni Eropa memberlakukan serangkaian sanksi ekonomi dan keuangan terhadap Rusia sejak 2014, yang memicu tindakan balasan dari Moskow.

Ketegangan antara oposisi bersenjata dan pemerintah Ukraina di wilayah Donbass kembali meningkat sejak satu pekan lalu. (SPN/RM)

Editor: wry

Bagikan melalui:

Komentar