Tiga Pesawat Pengebom Nuklir Rusia Mendarat di Suriah

Tiga Pesawat Pengebom Nuklir Rusia Mendarat di Suriah Doglas Bali

SINARPAGINEWS.COM, RUSIA - Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa pihaknya telah mengembangkan satu-satunya pangkalan udara mereka di Suriah, Hmeimim (Khmeimim).

"Pembangunan infrastruktur landasan pacu baru di pangkalan Hmeimim, Suriah telah selesai, dan semua jenis pesawat Angkatan Udara Rusia termasuk pesawat berat, dapat mendarat di pangkalan ini," kata pernyataan Kemenhan Rusia, Selasa (25/5/2021) seperti dilansir IRNA.

"Landasan pacu baru pangkalan Hmeimim telah diperpanjang dan lampu khusus serta sistem elektronik baru sudah dipasang," tambahnya.

Setelah selesai diperluas, tiga pengebom strategis jarak jauh Tupolev-22 (mampu membawa bom nuklir) telah mendarat di pangkalan Hmeimim tadi malam. Pesawat tersebut akan berpartisipasi dalam penerbangan latihan.

Pangkalan udara Hmeimim Rusia terletak di tenggara kota Latakia, bagian barat Suriah. Skuadron Angkatan Udara Rusia telah ditempatkan di sana sejak 2015.

Dari 2015 hingga 2017, Rusia menggunakan pangkalan tersebut untuk menumpas teroris Daesh dan kelompok teroris lainnya.

Pangkalan Hmeimim telah diserang beberapa kali oleh drone teroris, tetapi berhasil dihalau oleh sistem pertahanan udara canggih seperti, S-400 dan sistem rudal Pantsir-S1. (RM)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar