Pakistan Tutup Semua Pintu Kontak dengan India

Pakistan Tutup Semua Pintu Kontak dengan India Ahmad spn

SINARPAGINEWS.COM, PAKISTAN - Penasihat Keamanan Nasional Pakistan mengatakan, tidak ada lagi kontak rahasia dengan India untuk melanjutkan pembicaraan yang telah lama terhenti antara kedua negara.

"Kontak telah dihentikan karena New Delhi gagal mengambil langkah-langkah membangun kepercayaan," kata Moeed Yusuf, seperti dikutip kantor berita ISNA, Minggu 4 Juli 2021.

Pada 5 Agustus 2019, pemerintah India mencabut Pasal 370 dari konstitusinya, yang mengatur tentang status khusus Kashmir.

Menurut Amnesty International, India telah menutup daerah tersebut, menahan ribuan orang, serta membatasi lalu lintas dan akses internet. Sebagai balasan, Pakistan menangguhkan hubungan perdagangan dan diplomatiknya dengan India.

"Sudah berakhir sekarang," kata Moeed Yusuf dalam wawancara dengan saluran berita Pakistan, Geo News. Dia mengklaim bahwa New Delhi telah mendekati Islamabad untuk memulai kembali pembicaraan.

"India yang mendekati kami. Mereka mengatakan mereka ingin membicarakan semua masalah yang disengketakan, termasuk di Kashmir,” katanya.

"Kami dengan jelas berkata kepada mereka tentang permintaan kami, yaitu membatalkan keputusan Agustus 2019 jika ingin memulai kembali pembicaraan," tegas Yusuf.

"Karena, mereka [pemerintah India] belum melakukan apa pun dalam hal ini, jadi sekarang sudah berakhir," tambahnya.

Pejabat Pakistan ini memperkirakan bahwa sikap India mengenai keputusan Agustus 2019 tidak akan berubah.

Para pejabat tinggi intelijen dari dua negara bersenjata nuklir ini dilaporkan bertemu di Uni Emirat Arab (UEA) pada Januari lalu dalam upaya untuk meredam ketegangan yang meningkat.

Pada bulan April, Duta Besar UEA untuk AS, Yousef Al Otaiba mengonfirmasi bahwa Abu Dhabi sedang menengahi antara New Delhi dan Islamabad untuk membantu mencapai hubungan yang “sehat dan fungsional." (SPN/RM)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar