PBB Sambut Perpanjangan Misi Bantuan Lintas Batas di Suriah

PBB Sambut Perpanjangan Misi Bantuan Lintas Batas di Suriah Dok

SINARPAGINEWS.COM, PBB - Sekjen PBB Antonio Guterres menyambut keputusan Dewan Keamanan untuk memperpanjang koridor pengiriman bantuan ke Suriah melalui jalur penyeberangan Bab al-Hawa.

Dikutip dari Pars Today "Bantuan kemanusiaan lintas batas tetap menjadi penyelamat bagi jutaan orang di wilayah tersebut dan sekitarnya. Perpanjangan ini akan memastikan bantuan kemanusiaan berlanjut untuk lebih dari 3,4 juta orang yang membutuhkan, termasuk 1 juta anak-anak," kata juru bicara Sekjen PBB, Stephane Dujarric.

"PBB terus terlibat dengan semua pihak untuk memfasilitasi konvoi lintas batas. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan respons karena kebutuhan kemanusiaan terus naik," tambahnya pada Jumat, 9 Juli 2021.

Dujarric menuturkan bahwa sekjen PBB mengulangi seruannya kepada semua pihak yang berkonflik untuk memastikan akses kemanusiaan bagi semua orang yang membutuhkan sesuai dengan hukum humaniter internasional.

Dewan Keamanan PBB pada hari Jumat dengan suara bulat, setuju untuk terus mengirim bantuan kemanusiaan ke Suriah melalui perbatasan dengan Turki selama 12 bulan ke depan.

Resolusi itu disetujui oleh semua anggota Dewan setelah Rusia dan Amerika Serikat mencapai kesepakatan di menit-menit terakhir.

Dengan demikian, jalur penyeberangan Bab al-Hawa yang menghubungkan kota Iskenderun di Turki dengan Idlib di Suriah, akan kembali dipakai untuk pengiriman bantuan kemanusiaan selama 12 bulan ke depan.

Bab al-Hawa sampai sekarang masih diduduki oleh kelompok teroris bersenjata. (SPN/RM)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar