Rusia, Iran dan Cina Akan Gelar Latihan Militer Gabungan

Rusia, Iran dan Cina Akan Gelar Latihan Militer Gabungan

SINARPAGINEWS.COM, RUSIA - Federasi Rusia, Republik Islam Iran, dan Cina akan mengadakan latihan maritim gabungan pada akhir 2021 dan awal 2022 di perairan Teluk Persia.

Seperti dilansir Pars Today, Senin (23/8/2021), Duta Besar Rusia untuk Iran, Levan Jagarian dalam wawancara dengan media Rusia, Sputnik, mengatakan akhir tahun ini atau awal tahun depan, latihan gabungan angkatan laut akan digelar di Teluk Persia. Kegiatan ini diikuti oleh kapal perang dari Rusia, Iran dan Cina.

“Misi utama latihan ini adalah mempraktekkan langkah-langkah untuk memastikan keamanan navigasi internasional dan kontra-pembajakan,” tambahnya.

Jagarian menuturkan bahwa selain Rusia, Iran dan Cina, negara-negara seperti India, Suriah dan Venezuela juga akan berpartisipasi dalam latihan tersebut.

Kantor berita Sputnik mengutip keterangan dubes Rusia di Tehran, melaporkan bahwa Federasi Rusia mendukung keanggotaan Iran di Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO).

“Moskow dan Tehran memiliki posisi yang sama dalam sejumlah isu internasional dan regional,” kata Jagarian.

“Pada KTT SCO yang akan berlangsung di ibu kota Tajikistan, Dushanbe pada September tahun ini, kami ingin menekankan bahwa Rusia mendukung keanggotaan penuh Iran di organisasi ini,” jelasnya.

Dia mengungkapkan bahwa Rusia dan Iran juga berunding dalam masalah senjata. Setelah sanksi senjata PBB terhadap Iran dicabut, Tehran-Moskow mengadakan pembicaraan tentang berbagai senjata.

“Kerja sama militer-teknis dengan Iran punya sejarah panjang dan sudah lebih dari 50 tahun. Kerja sama ini berkembang dengan mematuhi kewajiban internasional Rusia di bidang penjualan senjata,” ujar Jagarian. (RM)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar