Hubungan Iran dan Azerbaijan Kembali Memanas

Hubungan Iran dan Azerbaijan Kembali Memanas Dok

SINARPAGINEWS.COM, IRAN - Dikutip dari Pars Today,  Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh membantah klaim yang disampaikan oleh Presiden Azerbaijan dalam KTT Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS).

“Baku tampaknya memiliki niat untuk membuat pernyataan media yang tidak berdasar, yang tentu saja akan ditanggapi dengan tepat,” kata Khatibzadeh pada hari Jumat (15/10/2021).

Menurutnya, klaim Presiden Ilham Aliyev sejalan dengan kepentingan rezim Zionis dan mempengaruhi hubungan persaudaraan Iran-Azerbaijan.

Khatibzadeh menekankan bahwa Iran berada di barisan terdepan dalam memerangi penyelundupan narkotika.

“Mempersembahkan ribuan syahid dan korban luka selama empat dekade terakhir dalam memerangi fenomena jahat ini hanyalah sebuah contoh dari upaya Iran. Lembaga-lembaga internasional juga mengonfirmasi fakta ini,” tambahnya.

Dia menyatakan bahwa bangsa Iran dan Azeri memiliki hubungan persaudaraan yang kuat.

“Sayangnya meskipun sudah diterima pesan pribadi dan (pesan) positif dari Azerbaijan dalam berbagai kontak, namun Baku secara sengaja membuat pernyataan publik yang tidak berdasar, yang tentu saja akan ditanggapi dengan tepat,” pungkasnya.

Dalam pertemuan virtual dengan para pemimpin CIS, Presiden Ilham Aliyev mengklaim dalam komentar yang tidak berdasar bahwa Armenia bekerja sama dengan Iran untuk menyelundupkan narkotika ke Eropa.

Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan juga menolak tuduhan tersebut dan menekankan kerja sama Iran-Armenia bertujuan untuk memerangi narkotika. (RM)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar