Menlu Cina Tegaskan Dukungan Beijing terhadap Program Nuklir Iran

Menlu Cina Tegaskan Dukungan Beijing terhadap Program Nuklir Iran Dok Menlu Cina, Wang LI

SINRAPAGINEWS.COM, CHINA - Menteri Luar Negeri China Wang Yi Beijing kembali menegaskan dukungan negaranya terhadap program nuklir damai Republik Islam Iran.

Dikutip dari Pars Today, Menlu Cina, Wang Yi dalam percakapan telepon dengan timpalannya dari Arab Saudi, Faisal bin Farhan hari Minggu (17/10/2021) mengatakan, "Cina selalu memiliki posisi yang objektif dan adil dalam program nuklir damai Iran dan tidak mencari keuntungan pribadi atau politik,".

"Meskipun sangat mendukung program nuklir Iran, tapi Beijing menyadari perlunya perlindungan sistem internasional, pertahanan keamanan dan stabilitas di Timur Tengah dan Teluk Persia. Bagaimanapun Cina tidak menganggap kegiatan nuklir Iran bertentangan dengan fakta ini," ujar Wang Yi.

Sementara itu, Menteri Menteri Luar Negeri Saudi Faisal bin Farhan dalam percakapan telpon ini mengungkapkan, "Riyadh sangat mementingkan peran unik Cina dalam masalah nuklir Iran dan mengharapkan negara ini melanjutkan kesepakatan nuklir Iran dan menemukan solusi yang komprehensif dan berkesinambungan dengan peran pentingnya,".

Menteri luar negeri Cina dan Saudi juga sepakat untuk melakukan upaya bersama untuk memajukan hubungan bilateral ke tingkat yang lebih tinggi dan lebih dalam lagi.(SPN/PH)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar