Arab Saudi Tetap Tahan Tiga Kapal Tanker Yaman

Arab Saudi Tetap Tahan Tiga Kapal Tanker Yaman Kapal tanker Yaman.

SINARPAGINEWS.COM, ARAB SAUDI -Perusahaan Minyak Nasional Yaman mengumumkan koalisi Saudi masih menahan tiga kapal tanker yang mengangkut bahan bakar dan tidak mengizinkannya bersandar di pelabuhan al-Hudaydah.

Perusahaan Minyak Nasional Yaman dalam sebuah pernyataan, Sabtu (6/11/2021) mengecam tindakan koalisi pimpinan Arab Saudi menyita kapal-kapal Yaman.

"Penyitaan kapal tanker Yaman terjadi di saat berbagai lembaga di negara ini sangat membutuhkan bahan bakar untuk pelayanan publik," tambahnya seperti dikutip al-Ahed News Lebanon.

"Kapal Yaman tetap ditahan meskipun memperoleh izin yang diperlukan dari PBB untuk berlayar di perairan regional," kata pernyataan tersebut.

Beberapa bulan lalu, Perusahaan Minyak Nasional Yaman menyatakan koalisi Saudi bersikeras untuk menahan kapal tanker yang membawa lebih dari 60.000 liter bensin dan solar, dan penahanan ini sudah berjalan lebih dari delapan bulan.

Koalisi Saudi berusaha untuk memperburuk krisis ekonomi dan mata pencaharian masyarakat dengan cara memperketat blokade Yaman dan mencegah kapal tanker mencapai pelabuhan al-Hudaydah.

Saudi dengan dukungan Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, dan beberapa negara lain, menyerbu Yaman pada Maret 2015. Agresi ini telah menewaskan puluhan ribu warga Yaman dan menelantarkan jutaan orang lainnya.

Agresi militer Saudi juga menyebabkan Yaman kekurangan makanan, obat-obatan, dan bahan bakar. (SPN/RM)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar