Ketegangan Hubungan Iran dan Azerbaijan Mencair

Ketegangan Hubungan Iran dan Azerbaijan Mencair Dok Foto: Jeyhun Bayramov (kiri) dan Hossein Amir-Abdollahian

SINARPAGINEWS.COM, IRAN - Menteri Luar Negeri Iran mengatakan kami telah melewati periode kesalahpahaman berkat sikap bijak para pejabat Iran dan Republik Azerbaijan.

Dikutip dari Pars today, Hossein Amir-Abdollahian berbicara via telepon dengan Jeyhun Bayramov, mitranya dari Republik Azerbaijan untuk membahas hubungan bilateral pada hari Sabtu (6/11/2021).

Amir-Abdollahian mengingatkan bahwa Iran dan Azerbaijan memiliki persaudaraan dan hubungan yang dekat.

"Dalam beberapa bulan terakhir, seiring munculnya beberapa kesalahpahaman, pihak-pihak yang tidak menyukai hubungan baik kedua negara mulai bergerak aktif, tetapi kami telah melewati ini berkat kebijaksanaan pejabat kedua negara," tambahnya.

Sekarang, kata menlu Iran, kedua negara dapat bergerak untuk melanjutkan pengembangan kerja sama bilateral.

Sementara itu, menlu Republik Azerbaijan mengatakan pihak lain tidak boleh dibiarkan untuk memanfaatkan kesalahpahaman antara kedua negara.

"Kesalahpahaman apa pun harus diselesaikan dalam iklim persahabatan dan persaudaraan. Baku siap untuk sepenuhnya memperluas hubungan dengan Tehran," tegas Bayramov.

Pada kesempatan itu, Amir-Abdollahian dan Bayramov juga berdiskusi tentang hubungan perdagangan bilateral dan rencana penunjukan seorang wakil dalam Komisi Ekonomi Bersama Iran dan Azerbaijan. (SPN/RM)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar