AS Berharap Korea Utara Sambut Baik Tawaran Dialog

AS Berharap Korea Utara Sambut Baik Tawaran Dialog Dok Pembicaraan antara Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump. (dok)

SINARPAGINEWS.COM, AMERIKA - Juru bicara Departemen Luar Negeri AS mengatakan, Washington berharap bahwa Pyongyang akan menanggapi secara positif untuk memajukan dialog antara kedua negara.

Ned Price, seperti dikutip kantor berita Yonhap, Rabu (29/12/2021), menegaskan kembali bahwa AS tetap siap dan bersedia berunding dengan Korea Utara tanpa prasyarat apa pun.

"Kami telah menjelaskan melalui pesan publik dan pesan pribadi bahwa kami siap, bersedia, dan mampu untuk terlibat dalam diplomasi ini," kata Price dalam konferensi pers.

"Dan kami terus berharap Korea Utara akan merespon positif tentang kemajuan perundingan ini," tambahnya.

Pernyataan itu datang di tengah spekulasi bahwa pemerintahan Joe Biden, setelah berbulan-bulan diabaikan oleh Pyongyang, mungkin telah kembali ke apa yang disebut pendekatan "kesabaran strategis" yang pernah diadopsi oleh pemerintahan mantan Barack Obama.

Namun, Price menolak pandangan tersebut dengan mengatakan bahwa pemerintahan Biden tetap siap untuk berunding dengan Korea Utara kapan saja.

"Kami telah menjelaskan dalam beberapa bulan terakhir bahwa kami tidak punya niat bermusuhan dengan Korea Utara. Kami terus bersiap untuk bertemu tanpa prasyarat," tegasnya.

Korea Utara tetap tidak menanggapi tawaran AS sejak pemerintahan Biden menjabat pada Januari lalu. Negara itu juga menjauh dari perundingan denuklirisasi sejak 2019. (SPN/RM)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar