Wakil Menteri Pertahanan Hadiri Delivery MCMV Ship di Jerman

Wakil Menteri Pertahanan Hadiri Delivery MCMV Ship di Jerman Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, JERMAN -  Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra mewakili Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri acara Delivery Mine Counter-Measure Vessel (MCMV) Ship, di Lemwerder, Jerman, Jumat (26/5/2023).

Sebanyak dua unit kapal pemburu ranjau jenis MCMV yaitu KRI Pulau Fani-731 dan KRI Pulau Fanildo-732, secara resmi telah diserahkan untuk memperkuat TNI AL. Autsista baru ini dibangun di galangan kapal Abeking & Rasmussen, Lemwerder.

“Kita sama-sama telah menyaksikan penandatanganan dokumen penyerahan dua unit MCMV, yaitu KRI Pulau Fani dan KRI Pulau Fanildo, dari Abeking & Rasmussen ke Kemhan RI, kemudian dari Kemhan RI ke TNI AL,” ujar Menhan Prabowo dalam sambutan tertulis yang disampaikan oleh Wamenhan M. Herindra.

Kedua kapal telah berhasil menyelesaikan uji fungsi dan kehadiran MCMV tentunya akan menambah kekuatan TNI AL sebagai deterrence effect bagi pertahanan Indonesia.

MCMV ini bekerja dengan cara mendeteksi, mengklasifikasi, mengidentifikasi target bawah permukaan yang menyerupai ranjau. Tidak hanya mendeteksi, tetapi juga dapat menghancurkan atau menetralisir ranjau dengan sarana yang ada.

Kehadiran dua kapal jenis MCMV ini diharapkan menjawab segala tantangan pertahanan dan keamanan saat ini dan masa depan.

Proyek pengadaan dan penyelesaian MCMV merupakan bentuk sinergi dari instansi terkait, termasuk Kementerian Luar Negeri, Satgas MCMV, dan Kedubes RI untuk Republik Federal Jerman.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kasal, Kasum TNI, Asisten Khusus Wamenhan Brigjen TNI (Purn) Rosdianto, Kapuskon Baranahan Kemhan, Delegasi TNI AL, Mabes TNI, Dubes RI untuk Republik Federasi Jerman Mr. Arif Havas Oegroseno dan Satgas MCMV. 

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar