40 Negara Dunia Kutuk Serangan Israel ke Pasukan PBB di Lebanon

40 Negara Dunia Kutuk Serangan Israel ke Pasukan PBB di Lebanon Red

SINARPAGINEWS.COM, PBB – Sedikitnya 40 negara dunia merilis pernyataan bersama yang mengecam keras serangan terbaru Israel, ke pasukan penjaga perdamaian PBB, UNIFIL, di Lebanon.

Dikutip Politico, Minggu (13/10/2024) 40 negara dunia yang berkontribusi pada misi perdamaian PBB di Lebanon, hari Sabtu mengecam serangan Israel, ke pasukan UNIFIL, dan mendesak investigasi atas serangan ini.

Dalam rilisnya, 40 negara itu mengatakan, "Sebagai negara-negara penyalur bantuan untuk pasukan penjaga perdamaian PBB di Lebanon, sekali lagi kami mengumumkan dukungan penuh atas langkah dan misi UNIFIL. Dengan memperhatikan memburuknya situasi di kawasan, maka kami menganggap peran UNIFIL sangat vital."

Tanpa menyinggung nama Israel, negara-negara ini menuntut penyelidikan terkait serangan ke pasukan penjaga perdamaian PBB di Lebanon, dan menegaskan bahwa aksi semacam ini harus segera dihentikan.

Pada saat yang sama, negara-negara itu mendesak pihak-pihak yang bertikai di Lebanon, untuk menghormati kehadiran pasukan UNIFIL, dan menjaga keamanan serta keselamatan mereka.

Serangan Israel, ke salah satu markas pasukan UNIFIL di selatan Lebanon, hari Jumat lalu menyebabkan dua tentara penjaga perdamaian PBB terluka.

Sebelumnya, hari Kamis, dua tentara Indonesia yang tergabung dalam UNIFIL, juga dikabarkan terluka akibat serangan tank Israel. CNN mengabarkan, UNIFIL kemarin mengabarkan lima tentaranya terluka di selatan Lebanon.

Di antara 40 negara tersebut adalah Inggris, Prancis, India, Jerman, Spanyol, Brazil, Cina, Indonesia, Italia, Malaysia, Turki, dan Qatar. (HS)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar

?>