Cegah Narkoba, BNN Kota Tegal Sosialisasikan P4GN

Cegah Narkoba, BNN Kota Tegal Sosialisasikan P4GN Dok

SINAR PAGI NEWS, TEGAL – Semakin maraknya penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba, telah mengancam seluruh lapisan masyarakat, bahkan telah sampai di sekolah-sekolah, dari SD-SMP-SMA hingga ke Perguruan Tinggi. Fenomena ini apabila terus berlanjut tentunya dapat membahayakan bagi bangsa dan negara. Karena dapat mengakibatkan menurunnya kualitas generasi muda yang berarti akan mengurangi asset bangsa. Kondisi ini tentu merupakan masalah bagi remaja dan orang tua. Untuk itu prasyarat utama untuk terhindar dari narkoba adalah dengan cara mencegah.

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tegal, menggelar Rapat Kerja (Raker) Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di Lingkungan Masyarakat, bertempat di DPR Room Plaza Hotel, Kamis (25/3/2021).

Acara dibuka oleh Kepala BNN Kota Tegal Sudirman, S.Ag., M.Si dilanjutkan penyampaian Materi mengenai Ketahanan Keluarga Anti Narkoba. Dalam materinya Sudirman berharap dengan semakin maraknya peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, untuk itu dibutuhkan sinergitas dari seluruh elemen masyarakat guna melakukan penanganan dan pencegahan bersama mulai dari lingkungan terdekat, yaitu keluarga. Pencegahan penyalahgunaan Narkoba dimulai dari keluarga. Karena keluarga yang baik akan menghasilkan masyarakat yang baik dan masyarakat yang baik akan menghasilkan negara yang juga baik.

Terkait kebijakan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Pada kesempatan ini, Sudirman menyampaikan informasi program kerja BNN melalui berbagai aspek, baik itu pencegahan, pemberantasan sampai kepada rehabilitas. Lebih lanjut ia juga memberikan pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan narkoba.

Sudirman menghimbau kepada masyarakat bila mendengar informasi adanya bandar Narkoba di lingkungan masyarakat segera laporkan ke BNN, pihaknya untuk itu akan bekerjasama dengan Kepolisian dan pihak-pihak terkait untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, "pungkas Kepala BNN Kota Tegal.

Narasumber selanjutnya adalah Zainal Asikin. S.Pd., M.M Kepala Bidang Olahraga dan Kebudayaan Kota Tegal. Materi yang disampaikan terkait memperkuat ketahanan keluarga anti Narkoba. Sinergitas antara semua stakeholder sangat membantu pihak BNN untuk memberdayakan masyarakat anti Narkoba. Ketahanan keluarga merupakan salah satu langkah awal untuk mensinergikan upaya P4GN untuk mewujudkan lingkungan masyarakat yang bersih dari penyalahgunaan Narkoba.
Diharapkan masyarakat selalu menjaga baik diri sendiri, keluarga, anak-anak kita, tetangga untuk berhati-hati menjaga pergaulan penyalahgunaan Narkoba di lingkungan masyarakat.
"Jika ada tetangga kita yang ketergantungan Narkoba segera laporkan ke BNN agar mendapat penanganan rehabilitasi yang sempurna agar tidak ketagihan ketagihan dan itupun gratis, "ujarnya.

Heri Wibowo selaku Kepala Bidang Kesatuan Bangsa Kota Tegal dalam penyampaian materinya, diharapkan peran serta ormas dan masyarakat untuk bersama-sama dalam memerangi masalah Narkoba guna mewujudkan lingkungan yang bersih dan bebas Narkoba," ungkapnya.

Sementara itu Satriana Sub Koordinator P2N BNN Kota Tegal dalam penyampaian materinya menyampaikan kegiatan Raker Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di Lingkungan Masyarakat bertujuan untuk mewujudkan lingkungan masyarakat yang bersih dari penyalahgunaan Narkoba sekaligus mencari bibit-bibit unggul di kalangan ormas untuk turut serta melakukan upaya pencegahan peredaran penyalahgunaan Narkoba di lingkungan masyarakat.

Satria berharap sosialisasi P4GN ini dapat mengedukasi masyarakat akan bahaya Narkoba. Harapannya partisipasi masyarakat program P4GN semakin meningkat sehingga ketahanan masyarakat semakin kuat sebagai upaya dalam pencegahan peredaran dan penyalahgunanaan Narkoba," tutupnya.

Acara dihadiri 30 peserta Ketua Ormas se-Kota Tegal. Diharapkan dengan Raker ini bisa memberikan pemahaman dan menghasilkan satu komitmen untuk bersama-sama memerangi narkoba guna mewujudkan lingkungan yang bersih narkoba dimulai dari lingkungan keluarga. Narkoba sudah menjadi musuh bersama yang harus kita lawan bersama dan dengan keseriusan yang terukur dan terarah.(hid/rls).

Editor: wry

Bagikan melalui:

Komentar