Oded Ajak Seluruh Warga Kota Bandung untuk Mengampanyekan Gerakan "Earth Hour"

Oded Ajak Seluruh Warga Kota Bandung untuk Mengampanyekan Gerakan "Earth Hour" Dok

SINAR PAGI NEWS, KOTA BANDUNG - Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengajak seluruh warga Kota Bandung untuk bersama-sama mengampanyekan gerakan “Earth Hour” dengan mematikan lampu dan alat elektronik selama satu jam pada Sabtu, 27 Maret 2021 pukul 20.30-21.30 WIB.

“Mang Oded mengajak seluruh wargi Bandung untuk mematikan lampu dan alat elektronik yang sedang tidak di pakai selama satu jam pada hari sabtu 27 maret 2021 pukul 20.30 sampai dengan 21.30 wib,” ajaknya saat ditemui di Balaikota Bandung, Kamis, 25 Maret 2021.

Oded pun mengatakan, Earth hour ini merupakan gerakan aksi nyata menghemat energi sebagai bentuk kepedulian dan kontribusi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terhadap pelestarian lingkungan dan upaya penanggulangan perubahan iklim.

“Gerakan ini bukan hanya menghemat listrik satu jam, ini merupakan simbolis ajakan kepada individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintah di seluruh dunia untuk menunjukkan kepedulian dan kontribusinya terhadap upaya penanggulangan perubahan iklim,” kata Oded.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung, Kamalia Purbani mengimbau kepada seluruh komponen masyarakat Kota Bandung untuk secara bersama-sama mendukung dan ikut berpartisipasi dalam gerakan earth hour sebagai bentuk tanggung jawab dalam melindungi bumi.

“Saat kita bersatu kita bisa membuat perubahan untuk melindungi bumi kita bersama,” imbau nya.

Kamalia menjelaskan, pada tahun 2021 ini, disaat pendemi Covid-19 masih melanda kampanye earth hour harus terus digaungkan melalui pesan unity in biodiversity dengan terus menggerakan praktek-praktek gaya hidup ramah lingkungan dan berkelanjutan ditengah masyarakat Kota Bandung.

“Pentingnya merawat bumi, menjaga keanekaragaman hayati sebagai kekayaan bangsa dengan pesan unity in biodiversity semoga praktek-praktek gaya hidup ramah lingkungan akan menjadi budaya wargi bandung,” jelasnya.

Kegiatan Earth Hour dilakukan di seluruh wilayah Kota Bandung dan sebelum adanya pandemi diadakan seremonial earth hour di Gedung Sate dan Trans Studio Mall Bandung.

Namun pada tahun 2021 sesuai dengan kebijakan pimpinan terkait pencegahan penularan Covid-19 tidak ada acara kegiatan seremonial.

Fokus kampanye earth hour pada masa pandemi seperti saat ini pun lebih menitikberatkan kepada penghematan energi di perkantoran karena sesuai data hasil penelitian, perkantoran merupakan sektor yang terbesar dalam penggunaan energi listrik. 

Editor: wry

Bagikan melalui:

Komentar