Pengurus Gekrafs Dilantik, Ekonomi Kreatif Berdaya, Indonesia Maju

Pengurus Gekrafs Dilantik, Ekonomi Kreatif Berdaya, Indonesia Maju Dok Humas

SINAR PAGI NEWS,MUNTOK - Melati Erzaldi, Isteri Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, dilantik sebagai Ketua Dewan Pembina Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Bukit Menumbing, Sabtu (10/04/2021).

Dengan tema 'Berdaya Dengan Ekonomi Kreatif', Gekrafs didirikan sebagai wadah inisiatif publik dalam pengembangan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia.

Ketua Umum Gekrafs Pusat, Kawendra Lukistian hadir langsung ke Bangka Belitung untuk melantik semua pengurus. Acara ini juga turut hadiri juga oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI sekaligus Ketua Dewan Pembina Pusat Gekrafs Pusat, Sandiaga Uno melalui Zoom Meeting.

Pelantikan dilaksanakan atas Surat Keputusan Pengurus Pusat Gekrafs, Nomor : 012/SK/GEKRAFS/III/2021 Tanggal 30 Maret 2021, tentang Pembentukan Pengurus Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Untuk menjalankan tugasnya selama satu periode kepengurusan tahun 2021-2024.

Usai dilantik, Melati Erzaldi menekankan ekonomi kreatif berada di dinas pariwisata. Artinya, harus diberi perhatian bukan hanya secara lisan tetapi juga secara anggaran.

"Saya sudah sampaikan itu kepada gubernur dan gubernur setuju. Dinas pariwisata tidak bekerja sendiri karena di dalam wadah ini banyak sekali turunannya," tegasnya.

"Selamat untuk Tommy yang terpilih sebagai Ketua Gekrafs Babel," ungkapnya lagi menyelamati dan menyemangati.

Babel merupakan dua pulau terpisah, Melati Erzaldi mengatakan walau demikian kami tetap satu hati. Pelantikan ini dilakukan secara hybrid, secara langsung dan disaksikan melalui Zoom Meeting. Bahkan, Dewan Pembina Gekrafs Pusat juga memberikan sambutannya melalui zoom meeting.

"Saya senang hari ini, saya bangga pada teman-teman yang hari ini sudah dilantik. Semoga semangatnya bisa kita jaga terus sampai selesai masa amanah kita dan kita bisa saling memberikan inspirasi dan gagasan satu sama lain," terang Melati Erzaldi dalam pelantikan.

"Saya nggak suka yang biasa-biasa aja, Bangka Belitung harus menonjol. Bangka Belitung harus berbeda," tegasnya kepada kepengurusan Gekrafs Babel.

Mengapa memilih menumbing sebagai tempat pelantikan? Melati Erzaldi menjelaskan, hal ini karena Menumbing adalah tempat yang juga memiliki sejarah dari Founding Father kita, Soekarno yang pernah berada di tempat ini pada tahun 1948 hingga 1949.

Di sini menjadi saksi sejarah bagaimana pendiri Indonesia berjuang mempertahankan kedaulatan NKRI dan kembalinya tugu Yogjakarta. Pasanggrahan Muntok juga menjadi saksi saat Bung Karno dan Bung Hatta berada di Bangka Belitung.

Gekrafs harus menjadi bagian dari pemerintah bersama stakeholders. Gekrafs harus mampu menjadi salah satu ekosistem ekonomi kreatif yang sudah terbentuk sejak lama di Bangka Belitung.

"Tommy harus mampu menjahit ini, connectingkan (hubungkan) kita untuk bekerja bersama," pintanya pada Tommy,

"Ekonomi kreatif berdaya, Indonesia unggul," tegasnya lagi seraya menyampaikan kembali bahwa Gekrafs harus bisa menjadi wadah kreativitas, pendampingan, dan mentoring.

Demikian pula pernyataan Ketua Umum Gekrafs Babel, Tommmy Setiawan tentang bagaimana ekonomi kreatif mampu menjadi penggerak dan membangkitkan ekonomi di tengah Pandemi Covid-19.

"Kita akan terus bergerak agar ekonomi bangsa kembali meningkat. Karena kita bukan Superman, tetapi kita Super Team," pungkasnya.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar