Bupati Brebes Hadiri Apel Operasi Keselamatan Lalin Candi 2021

Bupati Brebes Hadiri Apel Operasi Keselamatan Lalin Candi 2021 Dok

SINAR PAGI NEWS, BREBES - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2021. Apel dipimpin Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto SIK MHP di halaman Mapolres setempat, Senin (12/4). Ratusan personil dari unsur Polri, TNI, Pemerintah Kabupaten, Dishub, Dansubdenpom IV, Satpol PP, PMI, dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Brebes mengikutinya dengan hikmat.

Apel ini juga dalam rangka pencegahan dan penyebaran covid-19 dan pengamanan mudik lebaran tahun 2021 di wilayah Kabupaten Brebes. Mengawali apel gelar pasukan operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2021 yakni melakukan pemeriksaan kesiapan pasukan.

Selanjutnya, menandai dimulainya Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2021 di wilayah Polres Brebes, Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto menyematkan pita tanda operasi kepada perwakilan dari unsur Subdenpom IV, Polres, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP.

Selaku pimpinan apel, Gatot menjelaskan, tujuan operasi antara lain untuk mengedukasi masyarakat terkait larangan mudik pada lebaran tahun ini. Juga untuk meningkatkan kepatuhan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 serta tertib berlalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

Gatot mengungkapkan, jumlah pelanggaran lalu lintas berupa tilang dan teguran pada 2019 dan 2020 nihil. Sedangkan jumlah kecelakaan lalu lintas 2019 sejumlah 423 kejadian dan pada 2020 sejumlah 365 kejadian atau ada penurunan trend (13,7%).

Korban meninggal dunia, lanjuntya, di 2019 sejumlah 31 orang dan pada 2020 sejumlah 19 orang atau ada penurunan trend (38,7%). Korban luka berat 2019 sejumlah 22 orang dan pada 2020 sejumlah 5 orang atau ada penurunan trend (77,2%). Korban luka ringan 2019 sejumlah 506 orang dan pada 2020 sejumlah 442 orang atau ada kenaikan trend (12,6%).

“Operasi ini berlangsung selama Ramadhan yaitu pada 12-25 April 2021,” jelasnya.

Terkait adanya larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah pusat, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi mengimbau masyarakat untuk tidak mudik lebaran, termasuk mengingatkan kepada jajaran anggota personel Polri di lingkungan Polda Jateng.

“Sudah ada beberapa aturan, dari Polri juga sudah ada agar tidak mudik, khususnya untuk internal Polri dan ASN,” kata Kapolda Jateng sebagaimana disampaikan Kapolres Brebes.
“Kemudian saya juga lihat dari kemenag dan pemerintah daerah juga sudah ada aturan terkait pelaksaan ibadah di bulan Ramadan. Jadi kita imbau kepada masyarakat untuk tidak mudik,” sambung Kapolres.

Nantinya operasi ini akan menyasar kepada masyarakat umum, khususnya masyarakat yang menggunakan transportasi publik. Guna meningkatkan kepatuhan protokol kesehatan. Kepolisian akan memadukan operasi keselamatan dalam berlalu lintas dengan kampanye kepatuhan protokol kesehatan.

Kampanye kesehatan, anatara lain dengan aksi membagikan masker dan hal-hal yang berkaitan dengan protokol kesehatan covid-19. Jadi hanya berupa kampanye edukasi serta sosialisasi dan tidak ada penindakan sama sekali dari pihak Kepolisian.

Turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalulintas Candi 2021, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH beserta suami AKBP Dr Drs H Warsidin MHum, Kasdim 0713/Brebes Mayor Inf Edwin Samma Baratiku, Wakapolres Brebes Kompol Eko Yulianto SIK., Dansub Denpom IV/1-4 Brebes Kapten Cpm Budi Hermanto, Kepala Dinas Perhubungan Kab Brebes Johari SH, Kasat pol PP Brebes Supriyadi SSos, TNI, Polri serta tamu undangan lainnya.(hid/sup).

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar