Wali Kota Cimahi Ajak ASN Bayar Zakat Fitrah Lebih Awal

Wali Kota Cimahi Ajak ASN Bayar Zakat Fitrah Lebih Awal Dok SPN

SINARPAGINEWS, CIMAHI - Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengajak seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi untuk melakukan pembayaran Zakat Fitrah lebih awal pada tahun 1442 Hijriah. Hal tersebut diutarakannya setelah menghadiri acara Launching Pembayaran Zakat Fitrah 1442 Hijriah Bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Lingkungan Pemerintah Kota Cimahi, bertempat di Aula Gedung A Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi, Jl. Rd. Demang Hardjakusumah Blok Jati Cihanjuang, Kota Cimahi pada Kamis (29/04).

Kegiatan launching tersebut juga diikuti dengan pembayaran zakat fitrah secara simbolis oleh Plt. Wali Kota bersama jajaran Forkopimda dan pejabat eselon 2 di lingkungan Pemkot Cimahi.
“Saya pribadi, yang menjadi tanggungan adalah saya sendiri berikut istri dan 3 anak, karena anak saya yang satu sudah punya keluarga sendiri sehingga menjadi tanggungan suaminya. Jadi bayarnya lima orang, sesuai ketentuan bahwa satu orang adalah 30 ribu [rupiah], kalau diganti beras dengan 2,5 Kg yah, Kalau lima orang totalnya jadi 150 ribu,” ujar Ngatiyana.

Disampaikan Plt. Wali Kota Ngatiyana, manfaat dari membayar zakat fitrah lebih awal saat bulan Ramadhan adalah agar tidak lupa untuk menunaikan salah satu rukun Islam yang hukumnya wajib itu. Disamping itu, menurutnya, dengan membayar lebih awal maka akan membantu meringankan beban petugas pengumpul zakat fitrah, mengingat zakat yang ditunaikan akan disalurkan lagi kepada para fakir miskin dan kelompok mustahiq lainnya yang berhak menerima zakat. Ia juga mengatakan bahwa dengan menunaikan zakat fitrah lebih awal, maka jajaran ASN akan menjadi teladan yang baik bagi masyarakat.
“Kita upayakan dan tekankan kepada ASN Kota Cimahi supaya bayarnya disini (Cimahi – Red) yah. Untuk ASN yang tinggal diluar Kota Cimahi tetap kita tarik juga untuk membayar zakat di Cimahi. Ini salah satunya contoh tadi ada yang tinggal di Bandung tapi membayar zakat fitrahnya di Kota Cimahi,” jelas Ngatiyana.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar