Intip Peluang Usaha Kutu Air di Jatibening Pondokgede Bekasi

Intip Peluang Usaha Kutu Air di Jatibening Pondokgede Bekasi Dok SPN

SINARPAGI NEWS,BEKASI - Ikan cupang di masa pandemi Covid-19 ini mendadak populer dan menjadi peluang menghasilkan pundi-pundi rupiah yang cukup menjanjikan. Termasuk pakan ikan, misalnya kutu air atau kutir.

Seperti di Jatibening pondokgede Bekasi Jawa Barat, kutir banyak diburu penghobi pemelihara ikan cupang. Hal itu menjadi peluang bisnis yang menguntungkan di masa pandemi Covid-19 dan layak untuk dikembangkan.

Pria yang akrab disapa Ceple ini mengatakan, peternak ikan cupang sekaligus peternak kutu air warga Jatibening mengambil peluang itu menjadi ladang bisnis. Apalagi menurutnya permintaan kutir setiap hari semakin meningkat, karena pecinta ikan cupang atau yang sering disebut ikan laga pun semakin banyak.

“Awalnya beternak kutu air ( kutir ) ini hanya untuk kebutuhan usaha ternak ikan cupang saya saja. Tetapi kalau ada lebihnya baru saya menjualnya,” ungkapnya kepada Sinarpaginews, Senin (3/5/2001) siang.

Menurutnya kebutuhan untuk kutir sangat tinggi. Bahkan stoknya selalu habis dalam waktu yang relatif singkat. “Dari 20 kantong plastik kutir siap jual, bisa habis dalam waktu hanya tiga jam saja,” singkatnya.

Menurut dia, tingginya kebutuhan kutir ini tidak dapat dipenuhi, sehingga ternak binatang yang menjadi pakan alami bagi ikan laga ini dapat menjadi pilihan usaha yang potensial apabila digeluti secara serius.

“Di Jatibening, satu kantong kecil kutu air dihargai Rp10 ribu, per kantong plastik dalam ukuran sedang,” jelasnya.

Sementara itu sambung dia, jumlah peternak ikan cupang di Jatibening dan sekitarnya diperkirakan mencapai lebih dari 200 orang, sehingga kebutuhan pakan untuk peternak ini sangat banyak.

“Tentunya jumlah tersebut menjadi potensi yang baik untuk meningkatkan perekonomian, terlebih di saat pandemi Covid-19 ini,” tandasnya.

( Mulyadi )

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar