Pemkot Bandung menerima kunjungan dari Kedutaan Besar Republik Ceko

Pemkot Bandung menerima kunjungan dari Kedutaan Besar Republik Ceko Ahmad spn

SINARPAGINEWS,KOTA BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menerima kunjungan dari Kedutaan Besar Republik Ceko untuk Indonesia di Ruang Kenegaraan, Balai Kota Bandung, Kamis 6 Mei 2021.

Pada kunjungan tersebut Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menerima delegasi dari Kedubes Republik Ceko yaitu Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Jarolav Doleek, Deputy Duta Besar Jakub erny, dan Asisten Kedubes Jana Horikova.

Kedatangan tersebut dalam rangka menjalin hubungan kerja sama dengan Kota Bandung, serta mempersiapkan kunjungan dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Ceko pada Juni 2021 mendatang.

Wakil wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharap Pemkot Bandung dan Pemerintah Republik Ceko dapat menjalin hubungan dengan baik.

"Hubungan baik antara Cekoslovakia dengan Indonesia sudah dimulai sejak Presiden RI pertama, Soekarno yang berkunjung ke sana pada 1956 dan 1961," katanya.

"Sehubungan dengan rencana kedatangan Menteri Lingkungan Hidup Republik Ceko. Memang saat ini masalah lingkungan hidup menjadi satu masalah utama di Kota Bandung, terutama penyelesaian masalah sampah," ungkapnya.

Oleh karena itu, Yana berharap bisa menjalin hubungan seperti dengan teknologi yang dimiliki untuk membantu Kota Bandung dalam penyelesaian sampah.

"Saya harap bisa membantu Kota Bandung menyelesaikan permasalahan sampah berdasarkan pengalaman dan teknologi yang dimiliki oleh Republik Ceko,* ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Yana pun berbincang terkait kondisi pandemi Covid-19 dan hal-hal yang membuatnya kagum terhadap Republik Ceko.

Selain itu, ia juga mempromosikan kuliner Kota Bandung yang mendapat peringkat 7 terbaik di dunia, dan diharapkan para delegasi Kedubes Republik Ceko bisa nyaman saat berada di Bandung.

"Sebetulnya saya teringat saat kecil, sepatu Bata ternyata itu bukan produk lokal tapi dari Cekoslovakia yang dibawa oleh Tomas Bata ke Indonesia pada tahun 1926," ucapnya.

"Terima kasih atas kedatangannya ke Kota Bandung, mudah mudahan ke depannya dapat bekerja sama dengan baik. Saya juga pernah bermimpi ke Praha, itu kota yang indah," lanjutnya.

Sementara itu Duta Besar Republik Ceko untuk Republik Indonesia, Jarolav Doleek mengaku baru menjabat sebagai Duta Besar selama tiga bulan. Ia juga pernah ke Jawa Barat pada 1 Maret 2021 lalu.

Jarolav mengatakan delegasi yang akan melakukan kunjungan dari Republik Ceko berjumlah sekitar 40 orang dengan 27 orang pengusaha di bidang lingkungan.

Salah satunya bergerak di bidang pengelolaan sampah, sedangkan sisanya perwakilan dari Kementrian Republik Ceko.

"Kemudian nanti juga ada bisnis forum yang diselenggarakan oleh Kadin. Karena ada perwakilan dari Kementrian perindutrian khususnya dalam pertambangan, rencananya kami juga akan mengunjungi Museum Geologi," ungkapnya.

Ia menyampaikan sebelumnya telah bertemu dengan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Ia pun berbicara terkait vaksin dari Biofarma, karena Ridwan Kamil termasuk relawan yang mencoba vaksin tersebut.

"Apabila memungkinkan, nanti juga kami akan mengunjungi Biofarma untuk membahas program di sana. Untuk pertemuan forum diskusi KADIN kami pun terbuka jika ada masukan terkait jalannya acara," katanya.

"Terima kasih atas penerimaan kami, semoga dalam kunjungan nanti akan berjalan dengan baik dari keberangkatan sampai selesainya acara," harapnya.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar