Bupati Idza Ajak KNPI Jadi Pelopor Pengamal Pancasila

Bupati Idza Ajak KNPI Jadi Pelopor Pengamal Pancasila Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM,BREBES - Sebagai penerus bangsa, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Brebes harus lebih memahami ideologi Pancasila, melalui penguatan maupun penanaman nilai nilai Pancasila. Jangan sampai tersesat pada ideologi yang belum tahu asal usulnya, karena Pancasila sendiri sebagai ideologi negara sudah final, tidak bisa diubah atau diganti dengan ideologi lainnya.

"Jadilah pelopor pengamal Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," ajak Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat Peringatan Hari Lahir Pancasila sekaligus peresmian Kantor Sekretariat Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Brebes, di Jalan Ahmad Yani Nomor 108 Brebes, Selasa (1/6).

Kata Idza, upaya memahami serta memaknai Pancasila penting dilakukan agar Pancasila lebih operasional dalam kehidupan dan ketatanegaraan dapat memenuhi kebutuhan praktis dan bersifat fungsional. Dengan demikian, pemikiran-pemikiran yang bersifat filosofis akan menjadi lebih bermakna apabila dilaksanakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Idza berpesan, seluruh anggota KNPI agar senantiasa menjunjung tinggi nilai nilai Pancasila yang luhur yaitu nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan nilai keadilan. Sehingga dapat terciptanya masyarakat yang adil, damai dan selalu mengutamakan kesatuan dan persatuan.

"Selain itu juga dapat mengimplementasikan sikap dan sifat terhadap ideologi pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dengan tidak membeda-bedakan suku, ras, golongan maupun agama," serunya.

Terkait kantor Sekretariat DPD KNPI, kata Idza, inilah rumah yang nantinya menjadi tempat pembibitan serta pembinaan kader KNPI maupun Orgasnisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) di Kabupaten Brebes.

"Dengan adanya kantor ini, tentunya KNPI akan lebih matang lagi dalam melaksanaakan kegiatan keorganisasian. Semoga ke depan kantor ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kelangsungan organisasi, sehingga lebih maju dan mandiri," tandasnya.

Ketua KNPI Brebes Hendrik Maulana menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Brebes, atas realisasi kantor Sekretariat DPD KNPI, tempat ini sebagai pusat informasi dan kegiatan pemuda di Kabupaten Brebes.

"Kami seluruh barisan pemuda akan senantiasa berusaha sengkuyung bersama membantu pemerintah daerah dalam membangun Kabupaten Brebes diberbagai hal, " ucapnya.

Menurut Hendrik, saat ini Pancasila di kalangan pemuda mulai mengalami degradasi. Untuk itu moment peringatan Hari Lahir Pancasila, KNPI terus menanamkan nilai nilai yang terkandung di dalamnya. Saat ini pemuda Brebes sangat kondusif.

"Marilah kita tanamkan nilai Pancansila dalam hati, pemuda tidak boleh tercerai berai harus bisa menjaga kesatuan dan persatuan NKRI. Tangkal isu-isu tidak bertanggung jawab yang ingin memecah belah," serunya.

Peresmian ditandai pemotongan untaian melati oleh bupati. Acara tersebut juga diramaikan pembacaan puisi oleh suami Bupati Brebes AKBP Dr Drs H Warsidin MH, anggota DPRD Brebes Zubad Fahilatah serta perwakilan KNPI dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila.(hid/was).

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar