Gubernur DIY Sampaikan LKPJ Pelaksanaan APBD 2020

Gubernur DIY Sampaikan LKPJ Pelaksanaan APBD 2020 Dok Humas

SINARPAGINEWES.COM,YOGYAKARTA – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DIY Tahun Anggaran 2020 dalam Rapat Paripurna (Rapur) DPRD DIY, Rabu (02/06) di Gedung DPRD, Yogyakarta.

Rapur yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD DIY Suharwanto ini, turut dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Alam X dan Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji.

LKPJ Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 ini terdiri atas Laporan Realisasi APBD DIY Tahun Anggaran 2020; Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih; Neraca; Laporan Operasional; Laporan Arus Kas; Laporan Perubahan Ekuitas; serta Catatan atas Laporan Keuangan.

LKPJ ini merupakan bentuk pertanggungjawaban Kepala Daerah atas penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat serta bentuk evaluasi atas rencana yang telah ditetapkan dan akan disajikan dalam bentuk perangkaan.

“Perangkaan atas realisasi pendapatan dan belanja selama Tahun Anggaran 2020, akan kami sajikan dalam bentuk Rancangan Peraturan Daerah yang merupakan konsolidasi antara Laporan Keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah dengan Pejabat Pengelola Keuangan Daerah,” tandas Sri Sultan.

Lebih lanjut, Sri Sultan berharap pembahasan terkait LKPJ Pelaksanaan APBD DIY Tahun Anggaran 2020 dapat segera dilaksanakan dan disetujui bersama, menjadi Peraturan Daerah DIY sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2014.

Selain penyampaian LKPJ APBD Tahun Anggaran 2020, dalam Rapur juga disampaikan Laporan Hasil Kerja Panitia Khusus (Pansus) atas Pelaksanaan Perda DIY Nomor 12 Tahun 2012. Perda tersebut berisi tentang Penyertaan Modal. Adapun laporan disampaikan oleh Nurcholis Suharman, selaku Juru Bicara Pansus Bahan Acara Nomor 13 Tahun 2021 yang memuat beberapa rekomendasi atas permasalahan yang ada. (spn/nf)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar