Digitalisasi Desa di Kabupaten Sukabumi Tingkatkan Mutu Tata Kelola Keuangan

Digitalisasi Desa di Kabupaten Sukabumi Tingkatkan Mutu Tata Kelola Keuangan Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, KAB. SUKABUMI - Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menyatakan dengan adanya Program digitalisasi desa ini diharapkan Pemkab Sukabumi mampu meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa serta memperkuat pelaporan keuangan Pemerintah Daerah yang lebih baik.

Hal tersebut disampaikan Wabup saat membuka acara Wabinar bertema "Dukungan BJB Dalam Percepatan Digitalisasi Desa" di Pendopo Sukabumi, Rabu (23/06/2021). "Saya berharap seluruh kepala desa di Kab. Sukabumi dapat menyerap informasi dan pengetahuan yang disampaikan para narasumber sehingga kedepan tata kelola keuangan desa menjadi semakin baik dan berdampak positif terhadap kemajuan desanya masing-masing" jelas Wabup.

Menurut H. Iyos, pengelolaan keuangan desa harus dilaksanakan sesuai dengan prinsip prinsip taat hukum, trasparansi, akuntabel dan partisipasif sehingga penggunaan anggaran desa lebih berkualitas, efektif dan efisien serta mampu mengantarkan Kab Sukabumi menuju masyarakat sejahtera lahir batin.

Karena kunci keberhasilan pelaksanaan pembangunan desa, lanjut Wabup, adalah adanya keterbukaan serta keterlibatan masyarakat dan kegunaan pembangunan yang langsung menyentuh hajat hidup masyarakat desa. "Atas dasar tersebut saya mengapresiasi dan mendukung inovasi seperti ini sebagai upaya percepatan digitalisasi keuangan desa dan diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan aparatur desa dalam menerapkan prinsip akuntabilitas" pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Cabang Bank BJB Palabuanratu, Rahmat Abadi mengatakan Bank BJB memposisikan diri sebagai mitra yang bisa menjembatani kebutuhan pemerintah kabupaten maupun kebutuhan dari pemerintah desa, karena itu perlu literasi keuangan, terkait digitalisasi desa disampaikan bahwa transaksi secara digital itu sudah aman terjamin dan terenskripsi dengan baik. "Harapan kami, desa harus siap untuk menjadi digital termasuk dalam pengelolaan transaksi keuangan" ungkapnya.

Diakhir acara Kepala Cabang Bank BJB Palabuanratu, Rahmat Abadi memberikan cindramata kepada Pemerintah Kab. Sukabumi yang diterima oleh Wakil Bupati H. Iyos Somantri.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar