Dinas Kominfo Himbau Masyarakat Waspada Terhadap Pinjaman Online Ilegal

Dinas Kominfo Himbau Masyarakat Waspada Terhadap Pinjaman Online Ilegal Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM, KOTA SUKABUMI - Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memblokir 3193 pinjaman online ilegal sejak awal tahun 2021. Selain tidak memiliki izin dari OJK, sebagian besar pinjaman online ilegal tersebut juga menggunakan data pribadi nasabah untuk mengintimidasi dalam penagihan.

OJK menjelaskan tercatat ada 55 juta nasabah yang tergabung dalam pinjaman online ilegal dengan nilai outstanding mencapai Rp. 18 triliun. Besarnya jumlah nasabah tersebut dipengaruhi iming – iming pinjaman dengan bunga rendah namun pada kenyataannya dapat mencapai 2 hingga 4 % per hari.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat agar terhindar dari pinjaman online Ilegal, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi melalui media sosialnya telah menyebarkan infografis mengenai ciri pinjaman online ilegal. Adapun ciri – ciri tersebut adalah tidak memiliki izin dari OJK, memberikan penawaran kepada calon nasabah melalui sms atau whatsapp tanpa persetujuan calon nasabah, serta meminta akses ke semua data dan kontak yang ada di handphone peminjam.

Masyarakat juga didorong untuk selalu teliti memeriksa legalitas pinjaman online melalui hotline OJK dengan nomor telepon 157, whatsapp 081 157 157 157 dan email dengan alamat konsumen@ojk.go.id.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar