Tertib Administrasi

Ingin Merdeka Finansial? Begini Cara Membuat Catatan Keuangan dengan Benar

Ingin Merdeka Finansial? Begini Cara Membuat Catatan Keuangan dengan Benar Dok Ilustrasi.

TAHUKAH Anda, bahwa tidak hanya perusahaan atau organisasi profit yang memakai catatan keuangan. Bahkan secara personal catatan keuangan sangat penting untuk memudahkan Anda dalam mengatur proses transaksi keuangan.

Jangan sampai Anda tidak bisa menyisihkan dana simpanan untuk ditabung atau bahkan sudah kehabisan uang sebelum akhir bulan. Hal ini sangat penting agar Anda merdeka secara finansial.

Cara Membuat Catatan Keuangan dengan Benar

Nah, salah satu cara yang paling efektif untuk pengelolaan keuangan, yaitu dengan membuat catatan keuangan yang benar. Sayangnya, tidak semua orang mempedulikannya dengan bijak, bahkan justru mengabaikannya.

Jadi bagi Anda yang masih bingung kira-kira bagaimana cara membuat catatan keuangan yang benar. Sebaiknya Anda simak beberapa tips berikut ini!

1. Catatlah Semua Pemasukan selama Sebulan

Cara pertama yang wajib Anda lakukan, yaitu membuat catatan semua pendapatan selama sebulan. Mulai dari gaji pokok hingga gaji sampingan Anda.

Tulislah secara detail berapa nominalnya, kemudian hitung semua jumlah pendapatan selama sebulan. Pastikan tidak ada yang terlewat karena kelalaian. Anda bisa membuat catatan secara konvensional dengan buku catatan atau digital melalui ponsel pintar.

 

2. Buatlah Wishlist Pengeluaran selama Sebulan.

Ketika telah selesai mencatat semua pendapatan Anda selama sebulan, tahap selanjutnya Anda bisa membuat wishlist pengeluaran selama sebulan. Buatlah serinci mungkin, mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan tersier. Misalnya saja makan, jajan, listrik, data internet, akomodasi, hiburan  dan lainnya. Catat dengan detail kemudian hitung berapa total pengeluaran Anda.

3. Aturlah Pengeluaran Bulanan

Cara ketiga, adalah analisis antara pemasukan dan pengeluaran. Apabila dirasa pengeluaran cukup besar dibanding uang yang masuk, di mana seringkali tidak ada sisa untuk tabungan. Maka, Anda perlu memilah atau bila perlu mengurangi kebutuhan tidak terlalu penting di catatan pengeluaran, seperti untuk jajan atau hiburan. Selanjutnya buat catatan pengeluaran baru sebagai pedoman ketika ingin berbelanja.

Cara ini cukup efektif agar Anda bisa berhemat dan tidak membelanjakan barang yang sebenarnya belum Anda butuhkan. Selain itu, agar pengaturan keuangan lebih rapi  sebaiknya pisahkan total uang terlebih dahulu setelah anda gajian. Misalnya di amplop atau rekening bank yang berbeda. Amplop pertama untuk pengeluaran kebutuhan selama sebulan. Dan yang amplop lainnya lagi untuk menyimpan tabungan.

4. Sisakan Dana untuk Tabungan

Catatan keuangan yang benar bisa dengan menyisihkan pendapatan Anda sebagai tabungan. Berapapun total pendapatan Anda, sebaiknya harus ada dana yang wajib Anda tabung.

Tabungan ini fungsinya sangat penting untuk menyelamatkan Anda ketika ada kebutuhan mendadak. Disisi lain dapat digunakan untuk kebutuhan investasi masa depan. Jangan sampai hasil kerja keras Anda selama ini hilang tanpa jejak ataupun terbuang secara percuma.

Lebih mudahnya tulis semua pemasukan dikurangi dengan rencana anggaran pengeluaran bulanan dan sisanya bisa Anda tabung. Atau bisa juga Anda membuat anggaran catatan keuangan dalam bentuk persentase,  misalnya 30% untuk kebutuhan hidup bulanan, 10% untuk sedekah, dan 60% untuk tabungan Anda. Namun presentasi tersebut bisa berubah tergantung jumlah pendapatan dan kebutuhan pengeluaran Anda.

 

Catatan Keuangan Bulanan Mudah dan Praktis melalui Aplikasi Senyumku

Agar Anda lebih mudah dalam membuat catatan keuangan bulanan sebaiknya gunakan saja aplikasi Senyumku. Kabar baiknya di dalam aplikasi tersebut terdapat fitur Catat yang memudahkan Anda membuat catatan keuangan. Mulai dari pendapatan, pengeluaran, dan tabungan. Cara daftarnya pun cukup mudah cukup kunjungi senyumku.com atau download aplikasinya melalui Google Play.

Jadi Anda tidak perlu repot-repot menulisnya secara manual ataupun konvensional. Tinggal klik lewat aplikasi, lalu atur sesuai rencana keuangan bulanan Anda. Selain itu Anda juga bisa memantau pengeluaran secara mudah agar bisa lebih hemat. Selain itu, ada juga fitur Celengan untuk mengatur tabungan Anda tersimpan. Dan juga fitur Transfer untuk mentransfer transaksi kebutuhan Anda tanpa dikenakan biaya tambahan.  Jadi semua cara membuat catatan keuangan yang benar bisa diwakilkan oleh aplikasi Senyumku.

Yang terpenting, Anda tak perlu ragu dan khawatir terkait keamanan aplikasi Senyumku. Karena aplikasi Senyumku merupakan produk dari PT Bank Amar Indonesia Tbk. yang terdaftar serta diawasi oleh lembaga independen Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nah, tunggu apalagi? Tinggal klik dan finansial Anda akan aman terkendali.

Editor: Dimas Madia

Bagikan melalui:

Komentar