Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur di Jawa Tengah

Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Saat Berlibur di Jawa Tengah

Sudah rindu kembali mengunjungi tempat wisata menarik? Salah satu destinasi liburan yang bisa Anda kunjungi adalah Jawa Tengah. Setiap kabupaten yang ada di Jawa Tengah memiliki objek wisata yang tidak kalah dengan objek wisata di luar negeri. Mulai dari wisata pantai hingga edukasi semuanya bisa Anda temukan dan kunjungi di Jawa Tengah.

Untuk bisa pergi ke Jawa Tengah dari Jakarta juga tidak sulit. Jika ingin perjalanan lebih cepat sampai, lebih nyaman dan juga tidak memakan budget yang terlalu besar, Anda bisa pergi dengan menggunakan kereta api.

Sekarang memesan tiket kereta api juga sudah bisa dilakukan jauh-jauh hari dan lebih mudah. Anda bisa melihat cara pesan tiket kereta api online di Traveloka. Pemesanan tiket menjadi lebih mudah, aman dan Anda bisa berlibur dengan lebih tenang. Lebih asyik lagi karena Anda bisa bisa pula manfaatkan promo spesial tiket kereta api di Traveloka EPIC Sale dari 5-11 Oktober 2021!

Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata yang ada di Jawa Tengah.

1. Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa adalah salah satu destinasi populer yang terletak di Jepara, Jawa Tengah. Karimunjawa adalah sebuah cagar alam laut yang dilindungi dan kini dikenal sebagai Taman Nasional Karimunjawa. Anda bisa melakukan banyak aktivitas seperti menyelam, snorkeling, memancing, berenang atau menjelajahi laut yang jernih di Karimunjawa.

2. Museum Purbakala Sangiran

Jika Anda sedang berlibur ke Jawa Tengah dan mengunjungi Sragen, Anda harus mampir ke Museum Purbakala yang memiliki 13,809 koleksi fosil manusia purba. Objek wisata yang satu ini juga sudah ditetapkan sebagai World Heritage atau Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Museum ini menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi banyak orang khususnya dalam ilmu arkeologi, geologi, paleoantropologi dan biologi.

3. Dataran Tinggi Dieng

Objek wisata yang satu ini sudah sangat populer hingga ke mancanegara. Dataran Tinggi Dieng terletak di Wonosobo, tepatnya letaknya 30 km dari pusat kota Wonosobo, Jawa Tengah. Objek wisata ini dikenal dengan julukan “tempat persemayaman dewa dewi”. Anda bisa menemukan sejumlah landmark seperti candi-candi Hindu, Bukit Sikunir, Telaga Warna dan Sumur Jalatunda.

4. Kawasan Wisata Baturaden

Kawasan wisata Baturaden terletak di Kecamatan Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah. Kawasan wisata ini terletak di lereng arah selatan Gunung Slamet yang terkenal dengan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk. Salah satu tempat yang sangat populer di Baturaden dan bisa Anda kunjungi adalah pemandian air panas Pancuran Pitu. Selain itu, Anda juga bisa berekreasi di Wana Wisata Baturaden yang merupakan hutan asri yang bisa dijadikan tempat berkemah bersama keluarga atau teman.

5. Ketep Pass

Jika Anda suka berwisata ke daerah pegunungan, maka Ketep Pass adalah salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi. Di Ketep Pass Anda bisa menyaksikan secara langsung luncuran awan panas gunung Merapi. Ketep Pass juga memiliki sejumlah fasilitas wisata menarik lainnya seperti Museum Vulkanologi, Bioskop Mini, Teropong, Gardu Pandang dan Pelataran Panca Arga.

6. Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah bangunan bersejarah di Semarang yang masih terawat hingga saat ini. Bangunan ini dibangun pada tahun 1904 pada masa penjajahan Belanda. Tempat ini disebut sebagai Lawang Sewu karena memiliki 1.200 daun pintu. Nama Lawang Sewu diberikan oleh masyarakat Semarang karena Lawang berarti pintu dan Sewu berarti seribu.

7. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid ini adalah masjid kebanggan warga Jawa Tengah, terletak di kota Semarang. Masjid ini dibangun pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2006, dan memiliki arsitektur Islam, Romawi dan Jawa. Masjid ini juga memiliki fasilitas seperti museum, studi radio, Al Quran raksasa, dan lain-lain.

Itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Jawa Tengah. Kira-kira objek wisata mana yang akan Anda kunjungi nih?

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar