Diskumindag Kota Sukabumi Latih 26 Orang Juru Buku Koperasi

Diskumindag Kota Sukabumi Latih 26 Orang Juru Buku Koperasi Deni Silalahi Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi mengadakan pelatihan dan uji kompetensi juru buku koperasi. Foto: DS.

SINARPAGINEWS.COM, Kota Sukabumi - Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi mengadakan pelatihan dan uji kompetensi juru buku koperasi, selama 4 hari dari mulai tanggal 11 hingga 14 Oktober mendatang.

Kepala Diskumindag Kota Sukabumi, Ayi Jamiat, mengatakan alasan diadakannya pelatihan yang diikuti oleh 26 orang peserta ini adalah, sebagai salah satu upaya memajukan koperasi di Kota Sukabumi melalui melalui pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelolanya.

Pelatihan bagi para juru buku koperasi dipandang sangat penting, karena juru buku memiliki peran vital dalam pengelolaan koperasi seperti dalam pelaporan kinerja koperasi. Pada akhir pelatihan, para peserta akan mengikuti uji kompetensi, dan para peserta yang lulus ujian akan mendapatkan sertifikat juru buku yang diakui oleh lembaga sertifikasi.

Menyinggung kondisi koperasi di Kota Sukabumi, Kepala Diskumindag menjelaskan saat ini berdasarkan data yang ada terdapat 332 koperasi, namun dari jumlah tersebut, hanya sekitar 200 koperasi yang aktif dan yang rutin menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) hanya sekitar 70 koperasi.

Oleh karenanya, pembinaan koperasi diantaranya melalui pengembangan SDM pengelola akan terus dilakukan agar semakin banyak koperasi dengan kinerja bagus di Kota Sukabumi.

Editor: Dimas Madia

Bagikan melalui:

Komentar