Brebes Pertahankan Anugerah Parahita Ekapraya

Brebes Pertahankan Anugerah Parahita Ekapraya Ahmad spn

SINARPAGINEWS.COM, BREBES - Kabupaten Brebes mempertahankan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia. Anugerah tersebut diberikan karena Brebes selalu komitmen dalam pembangunan Pengarusutamaan Gender (PUG), pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Kategori Utama ini, dipertahankan untuk ketiga kalinya dan tahun ini diberikan secara virtual melalui Zoom Meeting, Rabu (13/10).

Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH mengikuti penganugerahan tersebut dari ruang rapat Wakil Bupati, didampingi para pejabat dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3KB), Baperlitbangda, Inspektorat dan DPKAD.

Narjo mengaku bangga dengan pemberian APE, tetapi juga menjadi tantangan tersendiri karena harus mempertahankan anugerah tersebut dengan cara memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat. Narjo berterima kasih kepada berbagai instansi yang turut mendukung dengan menuangkan program keberpihakan kepada pengarustamaan gender, perempuan dan anak.

“Dalam pembangunan, Pemkab Brebes memperhatikan keadilan dan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan,” ujar Narjo.

Tak keliru, kalau kemudian berdasarkan Surat Keputusan Menteri PPPA Republk Indonesia No 66 Tahun 2021 tentang Penerima Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2020, Kabupaten Brebes untuk ke-tiga kalinya mendapatkan APE level Utama sejak tahun 2016, 2018 dan 2020

Di ajang dua tahunan tersebut, Pemerintah Kabupaten Brebes masuk kedalam jajaran Penerima Penghargaan kategori Utama. Daerah lain yang menerima diantaranya Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Karimun, Kota Dumai, Kabupaten Bogor, Kota Bandung, Kabupaten Demak, Kabupaten Magelang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Sragen, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo, Kota Pekalongan dan beberapa Kabupaten Kota lainya.

“Mudah-mudahan, Kabupaten Brebes tahun mendatang kembali bisa mendapatkan APE kategori tertinggi yakni Mentor,” pungkas Narjo.

Menteri PPPA RI Bintang Puspayoga menyampaikan Pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh penjuru dunia termasuk di Indonesia membuat pelaksanaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2020 baru bisa dilaksanakan di tahun 2021. Kegiatan anugerah di bidang Pengarus Utamaan Gender (PUG) kali ini, juga terpaksa diselenggarakan secara Virtual tanpa adanya penyerahan piagam dan tropy secara langsung.(hid/yas)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar