Pemdes Bawodesolo Lakukan Pelatihan Pembuatan Kapal Motor Fiberglass

Pemdes Bawodesolo Lakukan Pelatihan Pembuatan Kapal Motor Fiberglass Angelus Larosa
SINARPAGINEWS, SUMUT - Pemerintah Desa Bawodesolo Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara melakukan pelatihan pembuatan kapal motor Fiberglass dengan ukuran kapasitas 9 PK, Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara.
 
"Pelatihan dan pembuatan kapal motor Fiberglass ini bertujuan untuk pemberdayaan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Bawodesolo secara khusus anggota kelompok Nelayan",. sebut Kades an. Triswan Larosa, SE.
 
Lebih lanjut Kepala Desa Bawodesolo, Triswan Larosa, SE memaparkan pada pembukaan pelatihan tersebut menyebutkan, pelatihan pembuatan kapal motor Fiberglass ini sebanyak 6 unit, sebelumnya sempat tertunda pada tahun 2020 dikarenakan harga bahan satuan material meningkat, jadi anggaran Dana Desa yang kita sediakan melalui APBDes tahun 2020 tidak bisa terpenuhi, Maka baru tahun 2021 dilakukan pelatihan pembuatan kapal motor Fiberglass dengan ukuran kapasitas 9 PK sebanyak 6 unit dari anggaran Silpa Dana Desa (DD) dengan anggaran Rp. 70 Juta tahun 2021.
 
Selain itu, pelatihan ini suatu pengalaman ketrampilan bagi para anggota Nelayan nantinya yang ikut turun serta mengikuti pelatihan pembuatan kapal motor Fiberglass tersebut.
 
Kades, berharap agar anggota yang terpilih sebanyak 6 Orang dan 2 Orang tenaga tutorial pelatihan pembuatan kapal motor Fiberglass bersungguh-sungguh dalam melakukan pekerjaan. harap wawan.
 
Sementara itu, dalam laporan kasi pelayanan Desa Bawodesolo an. Bintaloni Kartini Hulu menyebutkan, pelatihan anggota kelompok Nelayan adalah salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat secara khusus anggota kelompok Nelayan di Desa Bawodesolo yang menjadi peningkatan perekonomian kelompok Nelayan.
 
"Angggaran ini bersumber dari Silpa Dana Desa (DD) tahun 2020 sebesar Rp. 70 Juta, sebelumnya sempat tertunda, jadi baru tahun 2021 ini dilakukan pelatihan pembuatan kapal motor Fiberglass dengan kapasitas 9 PK. sebanyak 6 Unit", tuturnya.
 
Untuk kita ketahui bersama, tenaga pelatihan pembuatan kapal motor Fiberglass sebanyak 6 orang dan 2 orang tenaga tutorial pelatihan.
 
Selain itu, waktu pekerjaan diperkirakan 15 hari kerja, kemudian akan diserahkan kepada anggota kelompok Nelayan  nantinya. terang Binta.
 
Pada pembukaan pelatihan pembuatan kapal motor Fiberglass, turun hadir aparat dan perangkat Desa, anggota BPD, PPL Perikanan Kota Gunungsitoli, Pendamping Desa dari Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, masyarakat serta pengurus dan anggota kelompok Nelayan lainnya.

Editor: Dimas Madia

Bagikan melalui:

Komentar