Bupati Lombok Timur Lantik Jajaran Direksi PT. Energi dan PD. Selaparang Agro

Bupati Lombok Timur Lantik Jajaran Direksi PT. Energi  dan PD. Selaparang Agro Dok Puspen TNI

SINARPAGINEWS.COM, LOTIM - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dibentuk tidak saja untuk menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD). BUMD juga hadir untuk memfasilitasi aktivitas masyarakat secara optimal sesuai bidang usaha masing-masing. BUMD harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Demikian salah satu pesan Bupati Lombok Timur H.M. Sukiman Azmy pada saat melantik jajaran direksi PT. Energi Selaparang dan PD. Selaparang Agro di Ruang Rapat Bupati Kamis (2/12). Bupati mencontohkan keberadaan PT. Energi Selaparang yang memproduksi air minum. Sedianya perusahaan ini dapat memenuhi kebutuhan air minum dalam kemasan (AMDK) masyarakat Lombok Timur dan menggeser AMDK produksi luar daerah.

Keberadaan perusahaan daerah, diingatkan Bupati, juga diharapkan dapat membuka lapangan kerja, sehingga mengurangi angka pengangguran. Bupati sangat mengapresiasi kebijakan direksi selaparang Agro yang tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) ketika income perusahaan terbatas. Melakukan efisiensi jajaran direksi justru rela mengurangi pendapatannya.

Sementara itu terkait PAD, meskipun Pemerintah Daerah sebagai pemilik saham tunggal masih memaklumi belum mampunya dua badan usaha ini berkontribusi terhadap PAD, akan tetapi tetap menaruh harap agar keduanya dapat mengikuti jejak badan usaha lainnya seperti Selaparang Finansial. Apalagi dengan adanya rencana penambahan penyertaan modal pemerintah pada tahun 2022 mendatang dan komposisi baru di jajaran direksi.

Jajaran direksi yang dilantik ini Bupati diharapkan mampu memperbaiki kinerja melalui harmonisasi dan koordinasi dengan setiap unsur di dalam perusahaan, termasuk dewan pengawas. Bupati juga mengamanatkan satu tambahan unit usaha baru untuk PD. Selaparang Agro yaitu sarang burung walet.

Jajaran direksi yang dilantik ini merupakan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) pada Jumat (26/11) lalu. Komposisi direksi kedua perusahaan daerah itu adalah: Direktur Utama (Dirut) PT. Energi Selaparang dijabat Sukirman yang sebelumnya merupakan Dirut PD Selaparang Agro. Sementara Direktur umum (Dirum) dijabat Hasfiandi. Yang juga dilantik pada kesempatan itu adalah Dirut PD. Selaparang Agro yang dijabat Sulhayani dan Dirum yang dijabat Ali Rafsanjani.(spn/Lotim)

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar