Dekranasda Kabupaten Garut, Diah Kurniasari, Menerima Kunker Dari Dekranasda Cianjur

Dekranasda Kabupaten Garut, Diah Kurniasari, Menerima Kunker Dari Dekranasda Cianjur Dok SPN

SINARPAGINEWS.COM,KAB.GARUT - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Garut menerima kunjungan kerja Ketua Dekranasda Kabupaten Cianjur Anita Sinca Yani, dan rombongan yang diterima langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Dekranasda Garut, Diah Kurniasari, di Gedung Parigel, Jalan Cimanuk,

Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, selasa 18 Januari 2022

Ketua Dekranasda Diah Kurniasari, menyambut baik kedatangan mereka, dan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dekranasda Cianjur karena bisa hadir dan melihat secara langsung produk-produk khas yang ada di Kabupaten Garut.

Lanjt Diah, kegiatan ini juga menjadi ajang sharing tersendiri dari kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing Dekranasda, baik Dekranasda Garut maupun Dekranasda Cianjur.

Diah pun berharap dengan adanya kunjungan ini bisa menjadi pemantik dalam memajukan Dekranasda yang ada di masing-masing daerah.

"Jadi mudah-mudahan kita sama-sama untuk lebih memajukan dekranasda yang ada di kabupaten kami masing-masing nah itulah harapan kami," ujar Ketum Dekranasda Garut.

Sementara itu, Ketum Dekranasda Cianjur yang juga merupakan istri dari Bupati Cianjur, Anita Sinca Yani, menuturkan, alasan pihaknya memilih Kabupaten Garut sebagai lokasi studi tiru karena menurutnya Kabupaten Garut memiliki potensi yang sangat besar, khususnya di bidang kerajinan.

Anita, apalagi saat ini, lanjut Anita, salah satu produk unggulan dari Garut yakni Batik Garut kini bisa berkembang cukup pesat, padahal sebelumnya, menurut Anita eksistensi Batik Garut dengan Batik Cianjur hampir sama."jelas Anita

Anita, terutama dalam kain batik ya, asalnya Garut sama Cianjur itu sama. Tapi kenapa Garut bisa lebih cepat meningkat perkembangan (batik)nya, oleh karena itu kami datang kesini pengen tau apa sih rahasianya bisa secepat itu," tutur Anita.

Selain produk Batik Garut, imbuh Anita, Kabupaten Garut juga memiliki produk lain yang sudah terkenal kemana-mana yaitu kerajinan olahan dari kulit. Sehingga hal tersebut yang mendasari pihaknya melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Garut.

Lebih lanjut Anita, termasuk bahan kulit juga sama di sini kan terkenal, kemana-kemana kulit (Garut), jaketnya ya maupun dompetnya juga dari kulit di Kabupaten Garut, ini sudah terkenal kemana-mana,

Kata Anita, bahkan saya pun kalau pun suka ke sini (beli kerajinan kulit) ke Kabupaten Garut, jadi sangat bagus sekali disini itu." tandasnya.

Pada kesempatan itu, Dekranasda Kabupaten Garut menampilkan beberapa produk di Gedung Parigel ini, seperti kerajinan akarwangi, kulit, bambu, batik sampai ke beberapa makanan khas dari Kabupaten Garut itu sendiri.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar