Cegah Penyebaran Penyakit Kuku dan Mulut Pada Hewan, DKP3 Lakukan Sosialisasi ke Pasar Hewan

Cegah Penyebaran Penyakit Kuku dan Mulut Pada Hewan, DKP3 Lakukan Sosialisasi ke Pasar Hewan Dok

SINARPAGINEWS.COM, KOTA SUKABUMI- Antisipasi penyebaran penyakit kuku dan mulut yang tengah menjangkiti hewan ternak dibeberapa daerah, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, melakukan sosialisasi kepada para penjual hewan di Pasar Hewan, Rabu, 11 Mei 2022.

Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Andri Setiawan, mengatakan, dalam mencegah penyebaran penyakit tersebut, DKP3 melakukan sosialisasi sekaligus melakukan penyemprotan disinfektan.

Selain itu DKP3 juga menghimbau kepada para peternak dan penjual hewan, agar segera melapor kepada DKP3, bilamana menemukan gejala penyakit tersebut pada sapi, kerbau, domba dan hewan ternak lainnya.

Gejala penyakit tersebut pada hewan diantaranya menderita demam tinggi, muncul air liur berlebihan, serta timbul luka dirongga mulut, lidah maupun kuku, dan kehilangan nafsu makan. Gejala lainnya adalah hewan kesulitan berdiri serta bernapas cepat.

Selain itu DKP3 pun telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, sebagai langkah pencegahan lainnya. Sejauh ini, menurutnya belum ditemukan adanya penyebaran penyakit ini diwilayah Kota Sukabumi. Dihimbau pula, kepada peternak agar rutin melakukan disinfeksi serta melakukan vaksinasi pada hewan ternak mereka.

Editor: Iyan Sopyan

Bagikan melalui:

Komentar