Potensi Perikanan Kedokanbunder Punya Pangsa Pasar Sendiri

Potensi Perikanan Kedokanbunder Punya Pangsa Pasar Sendiri Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, INDRAMAYU – Meskipun bukan daerah pantai, tapi wilayah Kecamatan Kedokanbunder memiliki potensi perikanan yang sangat besar. Bahkan, hasil perikanan dari Kedokanbunder sudah mempunyai pangsa pasar tersendiri.

Camat Kedokanbunder, Atang Suwandi menjelaskan, sektor perikanan di wilayah Kecamatan Kedokanbunder didominasi oleh budidaya pembibitan dan pembesaran.

Atang merinci, potensi perikanan sudah tersebar di Desa Kedokanbunder Wetan berupa pembibitan lele. Di Desa Kedokanbunder ada pembesaran lele, dan di Desa Cangkingan ada pembesaran gurame. Sementara di Desa Jayalaksana terdapat pembesaran gurame dan nila.

Para pembudidaya di desa-desa tersebut ada yang sudah berhimpun dalam Kelompok Budidaya Perikanan (Pokdakan) dan ada juga yang masih secara sendiri tanpa berkelompok.

“Kita arahkan para pembudidaya perikanan ini untuk berkelompok. Agar memiliki wadah untuk berkumpul dan saling menguatkan,” kata Camat Atang, Senin (20/6/2022) ketika meninjau potensi perikanan di Desa Jayalaksana.

Atang menambahkan, besarnya potensi perikanan ini harus ditindaklanjuti oleh perangkat daerah yang menanganinya. Untuk teknis budidaya pihaknya mengharapkan peran aktif dari Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla), sedangkan untuk manajemen dan pemasaran pihaknya berharap agar Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan ikut serta dalam pembinaan.

“Dengan sinergitas dan kekompakan bersama antara pemerintah dan masyarakat kita berharap terwujud Kedokanbunder Hebat menuju Indramayu Bermartabat,” tegas Atang.

Editor: Haris Rojangi

Bagikan melalui:

Komentar