Bupati Indramayu Dampingi Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI di Bendungan Cipanas

Bupati Indramayu Dampingi Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI di Bendungan Cipanas Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, INDRAMAYU – Bupati Indramayu, Nina Agustina Da’i Bachtiar beserta beberapa kepala Perangkat Daerah mendampingi kunjungan kerja (kunker) Komisi V DPR RI meninjau lokasi Pembangunan Bendungan Cipanas yang berada di Kabupaten Sumedang Jawa Barat, Jumat (9/9/2022).

Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI diterima oleh Direktur Bendungan dan Danau Kementrian PUPR Airlangga Mardjono, ST,.MT didampingi Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS Cimancis) Dr. Ismail Widadi, ST, M.Sc.

Dalam sambutannya Airlangga Mardjono menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komisi V atas dukungannya selama ini. Diterangkan bahwa Bendungan Cipanas masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dibangun sejak tahun 2017 dan berupaya menyelesaikannya sebaik mungkin.

Dalam Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V kali ini diketuai oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras, Komisi V DPR RI mengapresiasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas upaya pembangunan Bendungan Cipanas.

Dalam sambutannya, Andi Iwan mengatakan pihaknya turut mendorong supaya pembangunan bendungan dapat terselesaikan sesuai jadwal.

“Kami mendorong agar dapat terselesaikan sesuai jadwal. Supaya dapat segera dirasakan manfaatnya bagi masyarakat sebagai jaringan irigasi,” ujarnya.

Diketahui Bendungan Cipanas mempunyai kapasitas layanan irigasi sawah seluas 9.273 Ha. Terdiri dari layanan luas Daerah Irigasi (DI) Cipanas I (kiri) : 2.885 Ha, luas DI Cipanas I (Kanan) : 500 Ha, Luas DI Cipanas II (Kiri) 2.045 Ha, Luas DI Cipanas II (Kanan) 1.543 Ha, luas DI Cibuluh (Rencana) :1.300 Ha, dan luas DI Cikawung (Rencana) : 1.000 ha.

Bendungan Cipanas ini nantinya akan menopang kebutuhan air bagi irigasi pertanian di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Indramayu. Bendungan ini juga direncanakan memiliki volume total 250,81 juta meter kubik yang sangat diharapkan oleh masyarakat terutama petani.

Salah satu anggota Komisi V DPR RI, H. Dedi Wahidi mengatakan, Bendungan Cipanas walaupun lokasinya ada di Sumedang tetapi penerima manfaatnya adalah sebagian besar berada di wilayah Kabupaten Indramayu, yaitu melayani pasokan air di wilayah Kecamatan Terisi, Kroya, Gabuswetan, Losarang dan Kecamatan Kandanghaur.

Editor: Haris Rojangi

Bagikan melalui:

Komentar