Dorong Indramayu Naik Peringkat dalam IKK, ICN hadiri Jabar Ekraf Summit

Dorong Indramayu Naik Peringkat dalam IKK, ICN hadiri Jabar Ekraf Summit Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM,INDRAMAYU — Indramayu Creativity Network (ICN) mengikuti kegiatan Jabar Ekraf Summit yang diselenggarakan oleh Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat (Kreasi Jabar) dan Komite Ekonomi Kreatif (Ekraf) Sumedang sebagai bentuk upaya mendorong Indramayu naik peringkat dalam Indeks Kota/Kabupaten Kreatif (IKK), Kamis (08/10/2022).

Bertempat di Gedung Kreatif Kabupaten Sumedang, Jabar Ekraf Summit yang berlangsung selama 2 hari dari tanggal 27 hingga 28 Oktober 2022 dibuka secara resmi oleh Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir.

Turut hadir dalam kegiatan Ketua ICN Hilmi Hilmansyah yang didampingi oleh Wakil Ketua ICN Fayyaz Mumtaz Khairi Wardhana serta para ketua komunitas dan komite ekraf seluruh Jawa Barat.

Ketua ICN Hilmi Hilmansyah mengungkapkan, saat ini ICN telah menjadi mitra dari jejaring dan komunitas ekraf di Jawa Barat dibawah naungan Kreasi Jawa Barat serta tergabung dalam Indonesia Creative Cities Network (ICCN) yang merupakan jejaring kota/kabupaten kreatif yang terbentuk sejak 2015.

“Upaya kami bermitra dengan berbagai komunitas ekraf baik di tingkat provinsi maupun nasional semoga mendapat banyak manfaat, selain sebagai media silaturahmi dan pertukaran informasi yang akurat dan relevan seputar ekraf, juga membuka peluang pengembangan ekosistem kreatif di Indramayu,” ungkapnya.

Hilmi menambahkan, salah satu kegiatan yang menjadi fokus dalam Jabar Ekraf Summit adalah diskusi dengan KREASI JABAR serta para komite ekraf kota/kabupaten lainnya di Jawa Barat untuk mengembangkan ekosistem kota kreatif di Jawa Barat.

“Kegiatan ini sebagai sarana diskusi dan belajar bagi kami untuk meningkatkan rangking Indramayu yang saat ini menempati posisi 24 dari 27 kabupaten kota di Jawa Barat pada Indeks Kota/Kabupaten Kreatif (IKK) serta memberikan dukungan untuk dapat berkontribusi dalam pengembangan kota kreatif,” tambahnya.

Masih menurut Hilmi, dengan membuka relasi dan memperluas jaringan dapat tercipta kolaborasi untuk bersama mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif di Jawa Barat khususnya di Indramayu agar sejajar dengan kabupaten/kota yang lainnya serta segera terwujud Indramayu yang Bermartabat ( Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur Dan Hebat ).

“Kalau tidak ada halangan, kami (kluster Ciayumajakuning) mengusulkan pelaksanaan Jabar Ekraf Summit selanjutnya dilaksanakan di Gedung Kreatif Ahmad Djuhara Kota Cirebon,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua ICN Fayyaz Mumtaz Khairi Wardhana menjelaskan, Sumedang menjadi benchmarking ICN dalam upaya pengembangan ekosistem ekraf di Indramayu, dimana pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dari kegiatan ini dapat diimplementasikan dan diharapkan rangking IKK Indramayu dapat meningkat berada di urutan 10 besar.

“IKK ini menjadi motivasi bagi kami supaya terus menciptakan inisiatif dalam pengembangan ekosistem, kegiatan Jabar Ekraf Summit menjadi ruang belajar dan diskusi langsung dengan perumus IKK di Jawa Barat,” jelasnya.

Editor: Haris Rojangi

Bagikan melalui:

Komentar