Stabilkan harga dan meningkatkan ketahanan pangan mandiri, Pemkab Indramayu Gelar Pangan Murah

Stabilkan harga dan meningkatkan ketahanan pangan mandiri, Pemkab Indramayu Gelar Pangan Murah Dok Humas

SINARPAGINEWS.COM, INDRAMAYU — Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat bekerjasama mengadakan acara Gelar Pangan Murah (GPM), di halaman Kantor Samsat Indramayu, Selasa (8/11/2022).

Gelar Pangan Murah ini dalam rangka Pengendalian Inflasi Daerah (Red: Keadaan harga barang dan jasa dalam wilayah kabupaten/kota yang cenderung meningkat, kenaikan harga berlangsung secara terus-menerus, serta kenaikan harga bersifat umum atau menyeluruh) sekaligus untuk memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan Gelar Pangan Murah dilaksanakan serentak se-Jawa Barat untuk tercatat sebagai rekor MURI yang diikuti oleh 34 Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Samsat pada lingkup Bapenda Provinsi Jawa Barat melalui siaran zoom. Termasuk di Kabupaten Indramayu sendiri diselenggarakan di dua titik lokasi yaitu halaman Kantor Samsat Indramayu dan halaman Kantor Samsat Haurgeulis.

Mewakili Bupati Indramayu Nina Agustina melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) pada Sekretariat Daerah Indramayu Ahmad Budiharto menyampaikan, tujuan kegiatan Gelar Pangan Murah ini adalah untuk menstabilkan harga dan meningkatkan ketahanan pangan mandiri di Jawa Barat khususnya di Kabupaten Indramayu.

“Melalui Gelar Pangan Murah ini dijual berbagai kebutuhan komoditas masyarakat seperti sembako, beras, telur dan sayuran dengan harga terjangkau. Hal ini dilakukan untuk menekan angka inflasi di Jawa Barat dan Kabupaten Indramayu serta menyediakan pangan yang berkualitas bagi masyarakat Kabupaten Indramayu,” katanya.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Ahmad Budiarto menambahkan, Pemerintah Kabupaten Indramayu dalam waktu dekat akan menyelenggarakan kegiatan yang serupa yang disebut pasar murah. Namun masih dalam perencanaan dan masih menunggu sejumlah persiapan yang matang.

Ahmad Budiarto berharap, dengan keberadaan kegiatan pasar murah nantinya bisa memberikan manfaat yang positif untuk masyarakat Indramayu dalam memperoleh bahan pokok pangan sebagai kebutuhan setiap harinya dengan harga yang terjangkau.

“Untuk masyarakat dengan adanya pasar murah ini mudah-mudahan masyarakat dapat memanfaatkan ini karena harganya juga sangat terjangkau dan ini juga sudah banyak sekali yang beli sehingga stok konsumsi masyarakat paling tidak bisa terpenuhi dari salah satu kegiatannya dari pasar murah ini,” ujarnya.

Editor: Haris Rojangi

Bagikan melalui:

Komentar