Perumda AM TJM Kab. Sukabumi Terus Berinovasi Programkan Water Meter Digital

Perumda AM TJM Kab. Sukabumi Terus Berinovasi Programkan Water Meter Digital Dok Puspen TNI

SINARPAGINEWS.COM, KAB. SUKABUMI – Inovasi tiada henti, itulah yang selalu diprogramkan oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (PERUMDA AM TJM) Kabupaten Sukabumi mengikuti perkembangan zaman di era serba digital saat ini.

Salah satu inovasi tersebut adalah memasang water meter atau meteran air yang sifatnya sudah berbasis digital, untuk tahap awal pemasangan lokasi instalasi pengolahan air di wilayah Cabang Parakansalak (9/1).

“Itu kita pasang water meter, yang dulunya manual, sekarang digital. Disesuaikan dengan zaman sekarang, karena sudah banyak yang digital,” kata Direktur Teknik Perumda AM TJM Kabupaten Sukabumi, Iyus Sugiarto.

Tujuan pemasangan water meter ini, yaitu untuk mengecek dan mengetahui aliran air yang didistribusikan ke pelanggan. “Yang bocornya, misalkan dalam satu bulan tercatat ada 1000 kubik, kemudian setelah di cek hanya 600 kubik, berarti ada 400 kubik lagi, kemana nih?,” ujarnya.

Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui jumlah kehilangan air, Iyus menyebut tujuan lain pemasangan water meter yakni untuk mengetahui jumlah pemakaian dan untuk pengukuran pajak air. 

“Keunggulan water meter digital dibandingkan dengan water meter lama, pemasangan water meter digital lebih mudah, sebelumnya kan manual, kaya water meter di pelanggan rumah-rumah, itu kan yang biasa,” jelasnya.

Masih kata Iyus, total jumlah pelanggan Perumda AM TJM Sukabumi Cabang Parakansalak sebanyak kurang lebih 4.300, dengan menggunakan sistem sumbernya dari air permukaan.

“Untuk sumber air, dialirkan dari Sungai Tonjong, lokasinya lebih hulu. Kemudian dibawah ada dari Cibuntu, jadi ada dua sumber, Cibuntu untuk melayani wilayah Pakuwon-Parungkuda, sedangkan yang di Parakansalak sumbernya dari Sungai Tonjong,” rincinya.

Lebih lanjut Iyus mengatakan, bila ada wilayah yang dihentikan dulu pasokan airnya karena pemasangan water meter ini sifatnya sementara. “Itupun jika membutuhkan alat penyekat, tetapi untuk alat digital ini sifatnya tinggal diterapkan,” imbuhnya.

“Tinggal tempel saja, tetapi kalau pelengkapnya, tujuannya pelengkap seperti pasang palep, jadi kalau ada kebocoran bisa dimatikan dulu, tergantung sistem yang dibutuhkan disitu, kalau pun ada wilayah yang dimatikan sementara, itu relatif kecil, sifatnya hanya sesaat.  Dalam setiap pekerjaan ditargetkan cepat selesai, demi menjaga pelayanan prima kepada para pelanggan,” pungkasnya.

Editor: Iyan Sopyan

Bagikan melalui:

Komentar