Peringati HPSN, Walikota Sukabumi : Sampah Dapat Dikelola Menjadi Sumber Ekonomi

Peringati HPSN, Walikota Sukabumi : Sampah Dapat  Dikelola Menjadi Sumber Ekonomi Dok Puspen TNI Kepala DLH Kota Sukabumi, Asep Irawan pada Apel Siaga HPSN di Balai Kota Sukabumi, 03 Maret 2023

SINARPAGINEWS.COM, KOTA SUKABUMI- Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi menggelar aksi membersihkan sampah dibeberapa ruas jalan di Kota Sukabumi. 03 Maret 2023. Sebelum aksi tersebut dilaksanakan, terlebih dahulu digelar Apel Siaga HPSN di Balai Kota yang dipimpin langsung oleh Wali Kota.

Achmad Fahmi dalam amanatnya menegaskan. HPSN tahun 2023 harus menjadi babak baru pengelolaan sampah dengan tujuan zero waste dan zero emission. Ia menambahkan bahwa dalam pengelolaan sampah Pemerintah Kota Sukabumi telah melakukan beberapa terobosan seperti menghimbau minimarket atau sejenisnya tidak menyediakan kantong plastik dan membiasakan masyarakat membawa kantong sendiri ketika berbelanja.

Ia pun menegaskan bahwa pengelolaan sampah saat ini mengambil pendekatan circular economy ketika sampah dipandang sebagai bahan baku yang bernilai ekonomis.

“Mari kita tinggalkan sistem skema pembuangan sampah kumpul, angkut, dan buang, kita ubah menjadi kumpul, pilah, jual agar sampah dapat bernilai ekonomis.” tambah nya.

Kepala DLH Kota Sukabumi, Asep Irawan, dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta aksi mencapai sekitar 400 orang dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Universitas dan lembaga lainnya. Dalam aksi yang terselenggara berkat kerja sama DLH dengan berbagai pihak tersebut, diserahkan pula tempat sampah untuk mobil angkutan umum.

Editor: Iyan Sopyan

Bagikan melalui:

Komentar