Pertemuan ke-37 ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights

Pertemuan ke-37 ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights Dok Humas

SINAPAGINEWS.COM, BALI - Pertemuan Komisi HAM Antarpemerintah ASEAN - ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights (AICHR) ke-37 telah terselenggara di Bali pada 22 hingga 26 Mei 2023 untuk membahas perkembangan terkini serta inisiatif seputar isu HAM di kawasan.

Pertemuan dipimpin oleh Wahyuningrum, Wakil Indonesia untuk AICHR dan dihadiri oleh Wakil/Wakil Pengganti AICHR dari seluruh negara-negara ASEAN. Pertemuan juga menyambut pertama kali partisipasi perwakilan Timor-Leste sebagai observer.

Pada salah satu mata agenda pertemuan, Direktur Kerja Sama Politik Keamanan ASEAN, Rolliansyah Soemirat juga berkesempatan menyampaikan berbagai inisiatif Indonesia selama Keketuaan ASEAN 2023 kepada AICHR.

Pertemuan AICHR ke-37 sendiri merupakan agenda rutin AICHR untuk mengakomodasi pembahasan serta pengambilan keputusan di AICHR terkait hal-hal yang menjadi kepentingan bersama negara-negara ASEAN di bidang HAM. Pertemuan membahas implementasi Program/Kegiatan Prioritas AICHR dengan fokus pada bisnis dan HAM, lingkungan dan perubahan iklim, hak atas pendidikan, hak penyandang disabilitas, hak anak dan perempuan, disinformasi, ujaran kebencian, pelindungan berorientasi kepada korban untuk melawan radikalisasi dan ekstremisme, serta pencegahan dan melawan penyiksaan.

Selain mengenai institusionalisasi Dialog HAM ASEAN, Indonesia melalui Wakil AICHR juga menyampaikan update program prioritas AICHR 2023 diantaranya tentang penanggulangan kontra ekstremisme, referral system, serta penyelenggaraan ASEAN Human Rights Dialogue ke-5.

Dalam agenda pertemuan, AICHR juga menggelar pertemuan antarmuka dengan sejumlah badan sektoral yakni ASEAN University Network - Human Rights Education (AUN HRE) dan ASEAN Senior Officials Meeting Responsible for Information (SOMRI) serta pihak Southeast Asia National Human Rights Institutions Forum (SEANF), LSM yang memiliki hubungan konsultatif dengan AICHR dan mitra wicara Amerika Serikat.

Editor: Red

Bagikan melalui:

Komentar